Sukses

Beauty

Wajah Bebas Jerawat Dengan 7 Sumber Makanan Ini

Pada dasarnya, jerawat bukanlah hal yang berbahaya. Namun, jika tidak segera diobati, bisa membuat jerawat semakin parah dan sudah pasti akan membuat wajah terlihat tidak menarik, yang akhirnya mengganggu kepercayaan diri Anda.

Normalnya, jerawat muncul karena gangguan regenerasi sel-sel kulit atau keratinisasi. Nah, regenerasi kulit yang tidak sempurna tersebutlah yang menyebabkan sel kulit ‘mempertahankan diri’ dan mengunci kelenjar minyak dan pori-pori. Tidak hanya itu, hal terebut pun dapat menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein di bawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Hal lain yang menimbulkan jerawat atau sekitar 25 persen faktor lainnya adalah hormon, stres, pola tidur, lingkungan dan bagaimana seseorang merawat dirinya sendiri. Makanan pun bisa menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat, contohnya saja junk food atau makanan tak sehat lainnya. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk mencegah timbulnya jerawat pada tubuh Anda:

    Vitamin A

    Vitamin A sangat membantu dalam regenerasi sel kulit. Anda bisa mendapati vitamin A pada minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Namun, hati-hati jika Anda akan mengonsumsi suplemen tambahan, pasalnya, konsumsi vitamin A berlebih justru akan mengakibatkan vitamin A bertindak sebagai racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.

    Zinc

    Zinc dapat membantu Anda dalam mencegah pertumbuhan P. acnes. Selain itu, seseorang yang berjerawat memiliki kadar mineral zinc yang rendah. Oleh karena itu, Anda harus banyak mengonsumsi zinc yang terdapat pada kalkun, almond, dan gandum.

    Selenium

    Selenium sangat penting sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Anda bisa menjumpai selenium pada gandum, ikan tuna, salmon, bawang putih, telur, dan beras merah.

    Vitamin C dan E

    Mengonsumsi vitamin C yang alami tentu sangat baik bagi kulit Anda. Vitamin C alami terdapat pada jeruk, lemon, pepaya, dan tomat. Sedangkan vitamin E, terdapat pada kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli, dan sayuran hijau.

    Omega

    Omega sangat baik untuk meredakan peradangan pada kulit, dan hal ini pun terjadi pada jerawat. Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon, ikan sardin, kenari, biji bunga matahari, dan kacang almond.

    Susu

    Susu mengandung zat yang dapat meningkatkan kadar hormon (androgen) dan hormon tersebut dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami pada kulit).

    Air putih

    Air sangat berguna bagi tubuh seseorang. Selain dapat menghindari Anda dari dehidrasi, air putih pun dapat mengeluarkan racun dari tubuh yang dapat menyebabkan masalah pada kulit seseorang. Selain itu, air putih pun dapat membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Konsumsilah air 8 gelas atau lebih dalam sehari.

Jadi, jika ingin bebas jerawat, makan makanan di atas saja ya Ladies.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading