Sukses

Beauty

Saat Menstruasi, Olahraga Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Saat sedang menstruasi, tubuh kita bisa terasa sangat lemah dan jadi gampang capek. Kalau sudah begini, biasanya kita memilih untuk tinggal di rumah dan berbaring di tempat tidur. Melakukan aktivitas apapun jadi terasa sangat berat. Tapi apa iya kita hanya akan berdiam diri saja tanpa melakukan aktivitas apapun ketika menstruasi?

Dilansir dari sheknows.com, ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih dan lakukan ketikan menstruasi. What are they? Here are the details!

    Jalan Kaki

    Olahraga ini termasuk jenis olahraga yang paling aman dilakukan saat sedang menstruasi. Kenapa? Karena risiko cedera atau terlukanya kecil. Saat jalan kaki, nikmati saja olahraganya sesuai kemampuan Anda. Tak perlu merasa terbebani dengan banyaknya kalori yang harus Anda bakar saat jalan kaki.

    Lari

    Hormon endorfin yang dikeluarkan saat melakukan olahraga kardio yang cukup berat bisa membantu Anda mengurangi rasa tak nyaman saat menstruasi. Tapi pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Saat menstruasi, sejumlah peneliti menyatakan bahwa kita rentan terkena dehidrasi.

    Yoga

    Olahraga yoga adalah jenis olahraga yang paling mudah disesuaikan. Saat menstruasi, pilihlah gerakan yoga yang bisa merilekskan tubuh Anda.

    Aerobik

    Saat menstruasi, terkadang kita ingin melakukan hal-hal yang "gila". Nah, olahraga aerobik ini bisa jadi pilihan yang tepat. Anda bisa "menggila" dengan mengikuti irama-irama rancak ketika aerobik. Lakukan dengan rasa fun dan jangan terlalu memaksa diri ketika sudah lelah.

    Menari

    Ini nih olahraga yang super seru. Menari bisa jadi kegiatan olahraga yang tak membuat Anda merasa sedang berolahraga. Pilihlah musik favorit Anda, lalu menarilah sesuka hati. Ketika menstruasi, mood bisa naik turun. Dan agar bisa mengembalikan mood yang sedang buruk, menari saja.

    Planking

    Malas untuk bergerak terlalu banyak? Coba saja alternatif olahraga yang satu ini. Planking namanya. Caranya sangat mudah. Sesuai namanya, Anda hanya perlu memposisikan tubuh seperti selembar papan. Telungkupkan badan, lengan dan siku di depan dada, lalu angkat tubuh dengan bertumpu pada telapak tangan dan jari kaki, tahan beberapa saat.

Kalau sedang malas untuk pergi ke tempat fitnes, nyalakan saja video tentang aerobik atau kegiatan olahraga di rumah. Lalu Anda tinggal mengikuti instruksi dari video tersebut.

Menstruasi tak seharusnya jadi alasan kita untuk berhenti olahraga atau menggerakkan badan. Tapi tetap penting untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh ketika olahraga saat menstruasi. Don't push yourself too hard, Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading