Sukses

Beauty

Diare Datang? Obati Dengan 5 Bahan Alami Ini

Diare adalah penyakit yang bisa dibilang tidak berbahaya. Namun, jika tidak segera ditindak lanjuti bisa menyebabkan dehidrasi. Saat Anda mengalami diare maka feses akan berair, perut mulas hingga melilit, serta meriang. Penyebab diare bisa bermacam-macam, di antaranya adalah karena virus, bakteri, parasit, obat tertentu yang dapat memicu diare, bahkan karena mengonsumsi makanan yang tidak bersih.

Namun, beberapa makanan justru bisa menyembuhkan diare dan mempercepat penyembuhan diare yang Anda alami. Nah, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat mengalami diare:

    Pisang

    Pisang mengandung serat yang larut dalam air. Selain itu, pisang pun dapat membantu melancarkan buang air besar. Pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang selama diare. Jadi, Anda pun tidak akan lemas selama diare.

    Teh herbal

    Teh herbal seperti peppermint dan chamomile bisa digunakan untuk meredakan dan memberi rasa nyaman ketika terserang diare. Peppermint berfungsi menghilangkan peradangan dan nyeri usus. Sedangkan, bunga chamomile terbukti ampuh sebagai obat diare yang alami. Jadi, saat meminumnya, otot-otot menjadi rileks sehingga gas dalam usus berkurang dan menyembuhkan diare.

    Ayam kukus

    Selain beberapa makanan tadi, ayam kukus pun bisa Anda konsumsi saat terserang diare. Pasalnya, daging ayam kukus adalah sumber protein yang mudah dicerna, sehingga cukup aman untuk memberikan gizi ke dalam tubuh saat diare. Akan tetapi, hindari ayam goreng atau ayam yang ditumis.

    Yoghurt

    Perlu Anda ketahui, saat diare, tubuh sebenarnya sedang melawan bakteri jahat. Yoghurt bisa menjadi obat diare yang alami, karena mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan menjadi lancar. Selain itu, yoghurt pun termasuk panganan yang mudah dicerna dan tidak menimbulkan iritasi.

    Blueberry

    Blueberry termasuk buah yang mengandung tannin yang dapat membantu menyembuhkan perut kembung.Selain itu, blueberry juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan serta mengandung serat yang mudah larut, sehingga bisa digunakan sebagai obat diare yang alami.

Jadi, jika diare menyerang, cukup siapkan beberapa makanan di atas ya agar mempercepat penyembuhan.

Sumber: MeetDoctor




(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading