Sukses

Beauty

Ternyata, Ini Alasan Mengapa Berkeringat Itu Sehat

Saat Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup berat atau katakanlah Anda sedang olahraga dan menggerakkan tubuh dengan sangat aktif, secara otomatis tubuh Anda menjadi panas dan muncul lah keringat dari kulit Anda. Tubuh jadi basah dan gerah. Meski memang hal ini nampak "kotor", namun sebenarnya berkeringat adalah hal yang sangat baik, terutama untuk kesehatan dan daya tahan tubuh Anda.

Hal ini didukung kutipan dari fitday.com yang menyatakan bahwa berkeringat adalah cara sehat membersihkan diri. Saat Anda berkeringat, tubuh akan mengaktifkan antibodi, meningkatkan metabolisme dan melakukan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Saat tubuh melakukan banyak gerakan, pernapasan Anda semakin cepat, jantung juga bekerja lebih cepat, hal ini sekaligus memicu sirkulasi darah lebih lancar dan menjaga temperatur tubuh normal.

Saat Anda berolahraga atau menggerakkan tubuh, kalori yang dibakar juga lebih banyak. Ini adalah cara alami menurunkan berat badan dan menyingkirkan lemak-lemak dalam tubuh. Berada di dalam spa juga akan membuat Anda berkeringat karena ada kalori yang dibakar, namun kebanyakan yang dibuang adalah air di dalam tubuh. Jika terus-terusan dilakukan, Anda hanya berakhir dengan keadaan dehidrasi.

Berbeda jika Anda berkeringat karena olahraga, otot dilatih bersamaan dengan pembakaran kalori, memiliki efek lebih baik daripada berkeringat di dalam ruang spa. Bukan hanya menjaga metabolisme dan membantu membuang racun di dalam tubuh, kulit Anda pun juga akan bersih dari lebih kencang karena rajin olahraga. Di samping itu, berkeringat juga membantu membuang stres. Berkeringat adalah cara relaksasi untuk tubuh dan pikiran.

Jadi, biasakan untuk olahraga dan berkeringat yang sehat mulai dari sekarang ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading