Sukses

Beauty

Saat Menstruasi, Wanita Jadi Lebih Gemuk Karena..

Kami yakin Anda pernah merasakan hal ini. Saat menstruasi rasanya emosi lebih labil, tiba-tiba ingin marah, tiba-tiba ingin menangis. Belum lagi tubuh yang terasa makin bengkak. Bagian dada terasa lebih kencang, pakai baju apapun kelihatan tidak oke. Benarkah saat menstruasi membuat tubuh wanita jadi lebih gemuk?

Selama ini keluhan wanita saat menstruasi adalah pegal, perut nyeri, dada nyeri, kembung dan rasanya tubuh berkali-kali lebih gemuk. Ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada Anda, tetapi juga dialami banyak wanita di seluruh dunia. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Eating Disorders menyebutkan bahwa lonjakan hormon akan membuat wanita lebih gemuk dibanding biasanya.

Saat Menstruasi, Nafsu Makan Semakin Menggila

Dilansir oleh dailymail.co.uk, ketika tiba di periode menstruasi, wanita akan merasa makin bersalah saat menikmati makanan. Tubuh mereka ingin makan banyak, namun ada rasa bersalah setelah selesai menikmati makanan tersebut. Tak heran banyak wanita membenci dirinya saat sedang menstruasi. Jika sudah begini, emosi wanita juga akan naik turun.

Maunya makan terus | Foto: copyright thinkstockphotos.com

Penelitian yang dilakukan pada beberapa wanita menunjukkan bahwa di masa menstruasi, wanita cenderung lebih banyak makan, sebab nafsu makan meningkat drastis. Dari segi kesehatan, hal tersebut alami sebab tubuh wanita dipersiapkan untuk hamil pada masa subur, maka harus ada nutrisi yang bagus di masa menstruasi. Hal itu terus berulang walau si wanita tidak berencana hamil atau belum menikah, sebab tubuh Anda sudah punya 'jam kerja' untuk urusan reproduksi.

Pilih Jenis Makanannya, Jangan Dilawan

"Saat wanita merasa nafsu makannya meningkat di masa menstruasi dan makan sangat banyak, di saat yang sama mereka merasa buruk terhadap diri sendiri," ujar Kelly L. Klump, seorang profesor psikologi dari Michigan State University.

Para peneliti mengatakan bahwa yang harus diperhatikan adalah jenis makanannya. Jangan melawan keinginan tubuh sebab semakin dilawan, Anda akan makan lebih banyak. Pilih makanan yang lebih sehat di masa menstruasi, buah-buahan segar kaya serat seperti apel, melon, semangka bahkan mangga bisa membuat Anda kenyang lebih lama tanpa lemak dan kalori yang berlebih.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading