Sukses

Beauty

5 Makanan Sehat Untuk Meningkatkan IQ Anda

Mengonsumsi makanan sehat dapat memperbaiki kualitas hidup. Di antara manfaat makanan sehat adalah merampingkan tubuh, memperbaiki kualitas tidur, juga membuat kulit lebih indah.

Ada faedah makanan sehat lain. Penelitian yang dilakukan oleh pengusaha teknologi yang juga penulis buku The Bulletproof Diet Dave Asprey menemukan, makanan sehat juga dapat meningkatkan kekuatan otak seseorang.

Seperti dilansir dari womenshealthmag.com, Asprey mendedikasikan 15 tahun hidupnya demi mempelajari biologi tubuhnya sendiri. Dia bahkan melakukan perjalanan ke tempat yang sangat jauh seperti Tibet, untuk mencari kearifan dari kesehatan kuno.

Tidak hanya berhasil menurunkan 45 kilogram bobot tubuhnya, dia pun berhasil meningkatkan IQ-nya sebanyak 20 poin dalam proses tersebut.

Kesuksesan tersebut membuat Asprey mengembangkan temuan yang berpusat pada diet, semua dituangkan dalam buku barunya. Premis dasar dari diet temuannya, jika makan untuk mengisi bahan bakar otak, maka Anda akan menjadi lebih tajam dari waktu ke waktu.

    Kafein Dapat Membuat Anda Lebih Waspada

    Tidak ada makanan yang dengan ajaib meningkatkan IQ atau membuat Anda lebih pintar. Namun zat tertentu, seperti kafein, dapat memberikan energi dan membantu Anda fokus dan berkonsentrasi. Ditemukan di kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat-obatan, kafein memberikan Anda efek untuk tetap “terjaga”, walaupun efeknya hanya jangka pendek. Dan jika lebih sering, maka efeknya berkurang. Konsumsi kafein berlebihan dapat membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.

    Ikan Merupakan Makanan Otak

    Sebuah sumber protein yang terkait yang memiliki dorongan besar bagi otak adalah ikan. Ikan kaya asam lemak omega 3, yang penting untuk fungsi dan perkembangan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan otak yang luar biasa, seperti: diet asam lemak omega 3 tinggi dikaitkan dengan tingkat demensia dan resiko stroke lebih rendah, penurunan mental lebih lambat, dan mungkin memainkan peran penting dalam meningkatkan memori, terutama seiring bertambahnya usia.

    Buah Blueberry Sangat Bergizi

    Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan mungkin mengurangi efek kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia. Studi juga menunjukkan bahwa pola makan yang kaya blueberry, secara signifikan meningkatkan baik pembelajaran dan fungsi otot pada penuaan tikus, yang membuat mereka secara mental setara dengan tikus yang jauh lebih muda.

    Tambahkan Alpukat dan Biji-bijian Utuh

    Setiap organ dalam tubuh tergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Makan makanan yang tinggi diet dalam biji-bijian dan buah-buahan seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Hal ini juga berarti mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, menawarkan cara sederhana yang lezat untuk menjalankan sel-sel otak.

    Menambah Protein

    Makan untuk otak adalah menambahkan protein sehat ke dalam diet. Protein mengandung asam amino. Tubuh memerlukan asam amino untuk membangun neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin di dalam otak, kata Asprey.

Meskipun masih muda, sebaiknya Anda mulai memberi perhatian pada daya ingat atau memori Anda agar tetap tajam hingga usia senja Anda.

 

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading