Sukses

Beauty

9 Orang Meninggal Akibat Tersedak Kue Mochi

Sejumlah agenda perayaan tahun baru warga Jepang berujung maut. Penyebabnya bukan kecelakaan melainkan karena tersedak kue mochi.

Siapa yang tidak kenal dengan penganan mungil ini. Mochi adalah salah satu makanan manis di Jepang. Penganan ini tersedia dalam berbagai rasa dan bentuk. Sebut saja, daifuku lovable yang berisi pasta kacang merah, sup Zenzai panas dengan kacang azuki dan mochi putih, serta yang terpopuler saat ini adalah mochi es krim.

Mochi terbuatĀ  dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Ia memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket.
kue mochi tersedia di banyak toko kue di Jepang | foto: copyright guardian.com
Sembilan warga Jepang dilaporkan tewas karena tersedak kue beras pada malam tahun baru 2015. Seperti dilansir dari guardian.com, insiden ini juga menyebabkan 13 orang lainnya berada dalam kondisi serius di rumah sakit.

Pada tahun baru, kue mochi tidak hanya dimakan begitu saja. Untuk merayakan pergantian tahun, keluarga di Jepang biasanya memasak sup ozouni yang berisi sayuran. Di sup itulah, dimasukkan mochi. Mayoritas korban biasanya tersedak saat makan sup ozouni.

Sampai hari Jumat (2/1) sudah ada sembilan orang di berbagai penjuru Jepang yang meninggal karena tersedak mochi. Tiga di antaranya di Tokyo, tiga lagi di Chiba, dan masing-masing satu korban di Osaka, Aomori, dan Nagasaki.

Selain itu, masih ada 128 orang yang dirawat di rumah sakit. Tahun lalu jumlah korban jiwa karena makan kue mochi tidak terlalu banyak. Hanya dua orang yang dilaporkan tewas. Biasanya, korban kue mochi adalah orang lanjut usia.
kue mochi biasanya disajikan dengan sup | foto: copyright flickr.com
Korban paling banyak terutama lansia dan balita, Kepolisian Jepang menghimbau agar memotong mochi kecil-kecil sebelum memakannya.

Selain itu, jika yang memakan adalah orang lanjut usia dan anak-anak, harus ada pengawasan khusus. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi korban pada tahun-tahun selanjutnya.

Memakan apa saja harus berhati-hati ya Ladies. Jangan sampai tersedak karena makanan yang terlihat lembut tapi membahayakan.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading