Sukses

Beauty

Ejekan Keluarga Justru Membuat Tubuh Makin Sulit Langsing

Ada pepatah yang mengatakan, "Bukan kata-kata yang berpengaruh pada hidupmu, tetapi siapa yang mengatakannya,". Hal tersebut ada benarnya, terlebih lagi jika dihubungkan dengan berat badan seseorang. Penelitian menemukan bahwa keluarga yang sering memberi kritik dan ejekan akan membuat upaya penurunan berat badan makin sulit dilakukan.

"Wanita sering merasa buruk dengan penampilannya, karena itulah dia membutuhkan dukungan dari keluarga, teman dan pasangannya. Wanita butuh dukungan dan saran," ujar Christine Loger, Ph.D, seorang psikolog sosial. "Bagaimana cara mereka memberi respon terhadap tubuh Anda, efeknya lebih besar dari yang Anda bayangkan.

Dilansir oleh Huffingtonpost.com, penelitian yang dilakukan University of Waterloo di Kanada menemukan bahwa wanita yang sering mendapat kritik dan ejekan dari keluarga mereka (tentang berat badan) akan semakin sulit memotivasi dirinya. Akhirnya, sekeras apapun upaya menurunkan berat badan, akan gagal dan seolah tak ada harapan.

Berbeda dengan wanita yang mendapat dukungan dari keluarganya untuk banyak berolahraga dan dukungan positif lainnya. Berat badan mereka cenderung lebih cepat turun. Inilah yang membuat beda, kritik positif dan negatif, walaupun niatnya sama, akan memberi hasil berbeda.

Karena itu, jika ada keluarga yang sedang berupaya menurunkan berat badan, beri dukungan positif, bukan malah memberi kritik apalagi mengejek. Dukungan dari keluarga sangat mereka butuhkan, so be wise!

 

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading