Sukses

Beauty

Tips Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Bahan Alami

Batuk dan pilek sering terjadi karena virus dan bakteri influenza. Untuk batuk sendiri terdiri dari batuk kering dan batuk berdahak. Saat ini telah tersedia banyak obat batuk di pasaran, namun obat batuk ini disinyalir mengandung bahan kimia yang terkadang bisa menimbulkan efek samping buruk bagi penggunanya. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan obat batuk alami. Dilansir dari everydayroots.com, inilah beberapa obat alami yang bisa membantu Anda menyembuhkan batuk berdahak.

    Madu Dan Jeruk Nipis

    Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk mengobati batuk. Untuk obat batuk berdahak, Anda bisa menggunakan satu sendok madu murni yang dicampur dengan air jeruk nipis. Minumlah ramuan ini secara teratur 2 kali sehari pagi dan malam hari.

    Akar Teh Licorice

    Akar Licorice merupakan salah satu tumbuhan alami yang baik untuk mengobati batuk berdahak. Selain bisa mengobati batuk, tumbuhan ini disinyalir juga mampu mengobati tenggorokan yang sakit akibat radang. Rebus akar pada air mendidih dengan air 1 sampai 2 gelas. Setelah dingin, minumlah air rebusan akar. Untuk menambah rasa manis di dalamnya, Anda bisa mencampurnya dengan madu.

    Berkumur Dengan Air Garam

    Air garam merupakan salah satu obat alami yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan termasuk batuk berdahak. Berkumurlah dengan air garam setidaknya 2 kali dalam sehari. Lakukan secara teratur pagi dan malam hari. Selain mampu membunuh virus dan bekteri penyebab batuk, berkumur dengan air garam disinyalir bisa mengusir dahak di tenggorokan Anda.

    Uap Minyak Kayu Putih Dan Daun Teh

    Uap disinyalir bisa membantu Anda melawan virus penyebab batuk berdahak dan juga pilek. Caranya cukup mudah, siapkan air panas yang masih mengeluarkan uap. Campurkan ke dalamnya minyak kayu putih atau daun teh secukupnya. Saat Anda mengambil menghirup uap ini, virus dan bekteri penyebab batuk berdahak secara perlahan bisa terusir.

    Madu dan Lada Hitam

    Lada hitam merupakan salah satu rempah yang tidak hanya memberikan aroma sedap pada makanan, tetapi ia juga bisa membantu Anda menyembuhkan batuk berdahak. Campurkan madu dan lada hitam lalu minumlah. Dengan minum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari pagi dan malam, batuk yang disertai dahak pada diri Anda perlahan bisa sembuh.

    Jahe dan Kencur

    Dua rempah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain mampu menghangatkan tubuh, dua rempah ini disinyalir sebagai obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan batuk. Caranya cukup mudah kupas dan cuci hingga bersih jahe ataupun kencur. Keduanya bisa digunakan sebagai bahan minuman. Dan untuk kencur, Anda bisa langsung mengunyahnya sebagai obat batuk.


Itulah beberapa bahan alami yang bisa membantu Anda menyembuhkan batuk berdahak. Pastikan bahan-bahan alami ini bersih sebelum menggunakannya sebagai obat batuk. Jika dengan bahan alami ini batuk yang Anda derita tidak kunjung sembuh, disarankan bagi Anda untuk pergi ke dokter. Bagaimana Ladies, tertarik untuk menyembuhkan batuk dengan bahan alami?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading