Sukses

Beauty

Membeli Dan Memakai Lensa Kontak Warna, Ini Yang Harus Diperhatikan

Wanita jaman sekarang sangat peduli dengan penampilan. Bahkan banyak produk kosmetik sangat laris untuk menunjang penampilan, salah satunya adalah lensa kontak. Fungsinya bukan hanya untuk membantu mempertajam penglihatan bagi mereka yang menderita miopi, namun juga sebagai cara untuk mempercantik bola mata, hingga banyak sekali lensa kontak yang diproduksi dengan berbagai macam warna.

Namun bagaimana jika dilihat dari sisi kesehatan? Nah, untuk membahas hal ini, Vemale telah bertanya dengan MeetDoctor yang dijawab langsung oleh dr. Endang M. Johani, Sp.M. Beberapa pertanyaan telah diajukan mengenai lensa kontak, berikut ini jawaban dr. Endang.

1. Apa yang harus diperhatikan saat membeli lensa kontak warna? (apakah bahannya, kandungan airnya, dll)
Semua contact lens yang sudah resmi boleh diedarkan di optic yang berijin dan mendapat nomor batch dari Kemenkes adalah baik. Namun tak ada satupun contact lens yang baik bagi semua orang. Jadi harus trial and error. Mana yang cocok dan nyaman itulah yang harus dipakai.

Di sini walau yang dibicarakan CL berwarna (fashion Contact Lens tanpa ukuran), bukan Refraktif CL dengan ukuran, namun kaidah-kaidah pemakaian CL dengan baik dan benar perlu diperhatikan. tentang kesesuaian kadar air dan jumlah air mata pemakai, sebaiknya para calon pemakai contact lens diperiksa dulu kondisi kornea, dan kualitas maupun kuantitas air mata, juga tekanan bola matanya. Bagi yang kuantitas air matanya kurang, tentu tidak disarankan memakai contact lens dengan kadar air tinggi.

2. Kondisi seperti apa yang harus diperhatikan pengguna lensa kontak warna untuk segera melepas lensa kontaknya?
Semua pemakai contact lens yang mengalami mata merah, gatal berair, apalagi kabur silau dan pedih harus segera menetes matanya dengan tetes mata yang serupa air mata dari paket contact lens tersebut, lalu melepas contact lens-nya. Harus. Kemudian memeriksakan matanya ke spesialis mata. Apalagi bila di cornea-nya nampak bercak putih (white dot infiltrat). Dokter akan mengobatinya hingga bisa memakai CL-nya lagi.

3. Jika mata terasa panas, gatal, perih atau merah saat memakai lensa kontak warna, apa yang harus dilakukan?
Seperti nomer 2, dan untuk mencegah hal itu terjadi, yang harus dilakukan adalah
memeriksakan kondisi mata sebelum memutuskan memakai contact lens, adakah kontra indikasinya

  • pilih contact lens yang sesuai, nyaman dan enak
  • pakailah contact lens 8 jam sehari
  • sempatkan menetes mata dengan cairan netral yang bisa dipakai dengan atau tanpa CL beberapa kali sehari
  • sebelum melepas CL, sebaiknya mata ditetes terlebih dahulu sehingga tidak ada bagian cornea yang kering dan menempel
  • pada CL sehingga bila dilepas akan membawa sel-sel epithel cornea ikut terlepas yang akan menimbulkan rasa perih akibat deffect epithel cornea tersebut berbagai komplikasinya.

SEMUA PEMAKAI CONTACT LENS BAIK BERWARNA ( FASHION CL) MAUPUN REFRAKTIF CL HARUS MEMPERHATIKAN KAIDAH-KAIDAH DI ATAS.

Sumber : MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading