Sukses

Beauty

Mata Berair? Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Mata adalah salah satu jendela yang mengungkapkan perasaan hati, salah satunya perasaan sedih. Ketika sedih, Anda akan menangis dan keluarlah air mata. Namun bagaimana jika tidak sedih, air mata malah keluar? Ini dia penjelasan dr. Rahajeng A.P dari MeetDoctor.

Air mata sendiri berfungsi sebagai penyaring yang dijadikan sebagai pelindung mata dari benda asing. Tetapi air mata yang diproduksi terlalu banyak justru dapat menyebabkan mata menjadi berair.

Penyebab mata berair atau epiphora adalah penyaring air mata tidak berfungsi dengan baik atau kondisi mata yang  memproduksi terlalu banyak air mata. Uniknya, penyebab mata berair adalah mata kering. Pasalnya, mata kering  dapat memicu saluran air mata mengeluarkan air mata dalam  jumlah berlebihan.

Air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang terletak di bagian atas dan di balik kelopak mata atas. Saat mata berkedip, maka kelopak mata akan mengeluarkan air mata  yang melapisi permukaan mata dan berkumpul di kelopak  bawah. Air mata kemudian menyebar ke saluran drainase mata lalu masuk ke dalam kantung lakrimal sebelum  akhirnya menuju saluran nasolakrimal (saluran yang  menghubungkan antara mata dan hidung). Lalu air mata menuju ke hidung dan tenggorokan. Proses tersebut berlangsung berulang kali.

Lalu, apa saja gejala mata berair? Berikut penjelasannya.

1. Mata terasa gatal dan panas

2. Pandangan mata kabur

3. Mata terasa tidak nyaman

4. Kelopak bengkak

5. Mata merah

6. Bersin-bersin

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan sebagai obat sakit mata berair? Berikut perawatan yang dapat dilakukan:

  1. Menggunakan tetes mata buatan saat mata terasa kering.
  2. Jika mata terasa gagal dan iritasi, maka kemungkinan  besarnya disebabkan oleh alergi yang bisa diredakan  dengan obat tetes mata anti alergi. Bahkan jika perlu, mintalah resep obat tetes mata pada dokter untuk berjaga-jaga.
  3. Perlu diketahui, posisi kelopak mata yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab mata terus berair. Kondisi  tersebut memerlukan operasi kecil untuk memperbaikinya.
  4. Jika keluar cairan selain air mata, bisa jadi saluran  air mata tersumbat dan membutuhkan upaya untuk melakukan  penyedotan cairan.
  5. Rawatlah mata untuk mencegah terjadinya berbagai  penyakit mata, termasuk mata berair.

Nah, jadi tahu kan sekarang mengapa mata sering berair meski tidak sedang sedih, Ladies?

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading