Sukses

Beauty

Tips Memilih Pembalut Agar Nyaman Dipakai dan Sehat

Ketika datang bulan, setiap wanita pasti memerlukan pembalut. Saat ini telah banyak sekali produk pembalut yang bisa kita temukan di pasaran. Namun beberapa pembalut dirasa kurang sehat dan tidak nyaman saat dipakai. Jika kita salah dalam memilih pembalut, hal ini bisa menjadikan iritasi bahkan ketidaknyamanan saat memakainya. Inilah beberapa tips untuk Anda dalam memilih pembalut yang nyaman dan sehat.

    Daya Serap

    Pastikan untuk memilih pembalut dengan daya serap yang cukup tinggi. Selain bisa membuat kita nyaman, daya serap pembalut yang tinggi bisa mencegah darah haid tembus pada pakaian. Tidak jarang seorang wanita mampu mengeluarkan darah haid lebih banyak dari wanita lainnya. Jika Anda termasuk wanita dengan darah haid cukup banyak, usahakan selalu memilih pembalut dengan saya serap tinggi.

    Panjang Pembalut

    Saat ini, panjang pembalut satu dengan yang lain memiliki panjang dan ukuran yang berbeda. Saat haid, pilihlah pembalut dengan panjang yang sesuai dengan ukuran badan Anda. Untuk Anda yang suka tembus saat haid di waktu tidur, pembalut malam dengan panjang maksimal bisa menjadi pilihan tepat.

    Kelembaban Pembalut

    Pembalut sehat dan nyaman adalah pembalut dengan kadar kelembaban normal yaitu tetap kering dan memiliki daya serap tinggi saat digunakan. Hindari memilih pembalut dengan permukaan lembab. Hal ini ditakutkan bisa menimbulkan bakteri dan virus tumbuh dengan cepat.

    Aroma

    Hindari untuk memilih pembalut yang memiliki aroma tertentu. Apalagi pembalut yang berbau obat kimia atau kapur. Namun perlu Anda tahu, beberapa pembalut herbal untuk kesehatan biasanya dibuat dengan aroma khusus. Pastinya pembalut kesehatan memiliki harga yang lebih tinggi dari pembalut pada umumnya.

    Kemasan

    Pastikan saat membeli pembalut kemasan yang diberikan masih baik. Hindari membeli pembalut dengan kemasan yang sudah rusak atau berlubang. Kemasan yang rusak bisa menjadikan pembalut di dalamnya tercemar oleh bakteri maupun virus.

    Tekstur

    Tekstur sangat perlu diperhatikan untuk menciptakan kenyamanan dan kesehatan. Pilihlah pembalut dengan tekstur lembut, halus serta nyaman saat digunakan. Tekstur bisa berpengaruh pada kulit Anda yang sensitif. Tidak jarang pembalut yang kasar memicu iritasi.

    Bahan

    Pastikan pembalut terbuat dari bahan yang sehat dan aman untuk tubuh Anda. Hindari memilih pembalut yang berbahan dasar kertas daur ulang. Bahan daur ulang sangat tidak baik untuk kesehatan, apalagi kesehatan sensitif organ kewanitaan.

    Jenis Pembalut

    Dilansir dari kotex.com, pembalut memiliki beberapa jenis yakni pembalut berupa bantalan, tampon dan pantiliners. Pembalut bantalan sangat cocok digunakan saat haid, namun Anda perlu menggantinya minimal 2 kali dalam sehari. Tampon adalah penyerap darah haid jenis lain biasanya dimasukkan ke saluran organ kewanitaan. Daya serapnya mampu bertahan selama 3-4 jam. Pembalut jenis ini juga sangat cocok digunakan saat olahraga maupun berenang. Untuk kenyamanan dan kesehatan, Anda bisa memilih jenis pembalut yang memang Anda nyaman saat menggunakannya.

Itulah beberapa tips memilih pembalut. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan saat datang bulan, pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan. Hindari menggunakan celana terlalu ketat dan menggunakan cairan pembersih kewanitaan. Bagaimana Ladies, mudah bukan?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading