Sukses

Beauty

Khasiat Bagian Kuning Telur yang Mengandungan Lutein dan Zeaksantin (I)

Telur merupakan makanan yang terkenal sebagai sumber protein yang cukup tinggi. Selain mengandung protein, telur juga mengandung zata lutein dan zeaksantin khususnya pada bagian kuningnya.

Ladies sudah tahu apa itu lutein dan zeaksantin? Kedua kandungan tersebut merupakan pigmen berwarna kuning yang mempunyai khasiat bagi kesehatan yang tinggi. Kandungan lutein berasal dari bahasa latin yang artinya kuning emas. Sedangkan kata zeaksantin berasal dari kata Zea yang merujuk pada gene jagung, dan xanthin yang juga berasal dari bahasa latin yang bermaksud kuning.

Selain pada telur, kansungan lutein dan zeaksantin juga banyak terdapat pada sayuran hijau. Namun, ternyata kandungan lutein pada kuning telur lebih mudah diserap tubuh daripada lutein pada sayuran hijau seperti bayam dan sebagainya.

Bagi Ladies yang sedang berdiet dan takut mengkonsumsi kuning telur karena takut gemuk, pasti akan tertarik untuk mengkonsumsinya. Sebab, sebagaimana dilansir dalam laman 10kilometer.blogspot.com bahwa kandungan zata lutein dan zeaksantin pada kuning telur memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh, diantaranya yaitu:

-Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaksantin tidak mengandungi vitamin A, akan tetapi keduanya sangat baik untuk menjaga mata. Secara amnya lutein dan zeaksantin terdapat pada retina mata. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan lutein dan zeaksantin akan meningkatkan kandungan lutein dan zeaksantin dalam retina mata. Didalam retina mata, lutein dan zeaksantin dapat membantu melindungi mata dari kerosakan akibat dari sinar ungu (ultraviolet) sebagai penyaring.

-Membuat awet muda

Menurut informasi yang dilansir dalam laman www.hasbihtc.com bahwa konsumsi makanan yang kaya akan kandungan lutein setiap hari dapat menghambat penuaan hingga 40%. Jadi Ladies bisa nampak awet muda setiap hari.

Manfaat lainnya akan diulas pada artikel selanjutnya.


Oleh: Zee zee

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading