Sukses

Beauty

10 Makanan Yang Menyehatkan Kulit

Ada banyak makanan lezat yang bisa dimakan, namun hanya beberapa yang memiliki keunggulan dalam menjaga kesehatan kulit. Bila Anda memiliki kulit yang sehat, Anda terlihat jauh lebih muda dan segar, tidak peduli berapa usia Anda.

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari memainkan peran penting dalam kesehatan kulit Anda serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Saat ini sulit untuk memilih makanan yang lezat dan sehat pada waktu yang bersamaan. Berikut merupakan daftar 10 makanan yang dapat mempercantik kulit dan akan membantu Anda menjaga kulit sehat dan awet muda.

Terima kasih untuk Lilyana Aprianty, mahasiswa London School of Public Relations yang telah mengirim artikel menarik ini.

(vem/feb)

Biji Rami dan Buah Berwarna Ungu Biru

BIJI RAMI

Biji rami kaya akan omega-3 yang memiliki peran penting dalam mengendalikan munculnya bintik-bintik usia dan garis-garis halus. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi biji rami setiap hari membantu meringankan kulit kemerahan dan iritasi dan membantu membuat kulit terlihat segar dan lembut. Tambahkan beberapa biji rami untuk oatmeal Anda, smoothies atau resep muffin favorit Anda.

BUAH-BUAHAN BERWARNA UNGU DAN BIRU

Buah-buahan berwarna ungu dan biru adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi agar mendapatkan kulit yang mulus dan sehat. Blueberry, blackberry dan plum semua kaya akan antioksidan, yang memerangi kerusakan radikal bebas. Jika Anda tidak tahu, radikal bebas berasal dari pola makan yang buruk atau bahan kimia di lingkungan. Buah-buahan berwarna ungu dan biru juga dapat membantu menjaga kulit Anda terlihat lebih muda lagi.

Biji Bunga Matahari dan Cokelat

BIJI BUNGA MATAHARI
Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, nutrisi penting yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari sehari-hari. Biji bunga matahari merupakan pilihan makanan ringan yang sempurna untuk makan di mana saja. Anda juga dapat menambahkan biji bunga matahari di oatmeal, salad, sereal, atau trail mix Anda. Pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak garam ke salad karena garam tidak baik untuk kulit.

COKELAT
Kabar baik untuk semua pecinta coklat, coklat baik untuk kulit Anda, meskipun semua mitos yang menunjuknya sebagai menyebabkan jerawat. Dari pengalaman pribadi saya, saya dapat mengatakan bahwa cokelat tidak menyebabkan jerawat. Sebenarnya, coklat meningkatkan asupan flavonol yang menjadikan kulit cantik. Karena cokelat memiliki beberapa kalori, pastikan Anda makan di moderasi atau porsi sedang.

Ubi Jalar dan Tomat

UBI JALAR
Ubi jalar mengandung vitamin A dan C, yang keduanya penting untuk mencerahkan kulit dan membuatnya lebih sehat. Vitamin  C meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit Anda kenyal dan halus. Ubi jalar juga memiliki vitamin A yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah kanker kulit.

TOMAT
Ketika saya melakukan penelitian, saya terkejut mengetahui bahwa tomat ternyata baik untuk kulit. Banyak orang mengatakan bahwa makan tomat dapat menyebabkan jerawat. Tapi tomat merupakan sumber antioksidan, yaitu lycopene, yang membantu meningkatkan kesehatan kulit serta melindungi kulit dari pigmentasi. Tambahkan tomat ke salad atau di sandwich. Ketika Anda memasak tomat, Anda meningkatkan kandungan likopen tomat, sehingga Anda bebas untuk makan saus pizza dan marinara juga.

Yogurt dan Paprika Merah

YOGURT
Salah satu makanan ringan terbaik yang sebagian besar disukai banyak orang adalah yogurt. Yogurt mengandung protein yang membuat kuat kulit Anda dan membantu melawan munculnya keriput dan garis-garis halus. Jauh berbeda dengan versi buah karena mereka dikemas dengan gula. Justru, memilih plain yogurt dan menambahkan beberapa buah-buahan segar membuatnya lebih lezat.

PAPRIKA MERAH
Dimasak atau mentah, paprika merah juga dapat memberi Anda kulit yang bagus. Satu paprika merah memiliki lebih dari 100% dari kebutuhan vitamin C sehari-hari Anda. Vitamin B6 pada paprika merah yang tinggi, serat makanan dan karotenoid yang membantu melawan keriput dan meningkatkan aliran darah ke kulit Anda, membantu Anda terlihat lebih muda.

Makan paprika merah juga dapat membantu memerangi jerawat. Ini adalah makanan ringan yang mudah dan lezat yang hanya mengandung 30 kalori per buah. Sebuah paprika mengandung serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga jika Anda berada pada diet dan Anda ingin memiliki kulit yang sempurna, tambahkan paprika merah untuk diet sehari-hari Anda.

Ikan Salmon dan Bayam

SALMON
Salmon dikemas dengan vitamin D yang berperan untuk menjaga otak Anda, hati, tulang dan usus besar yang sehat. Salmon dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan mencegah kanker usus besar, penyakit tulang dan penyakit jantung.

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang membantu melembabkan kulit Anda dari dalam ke luar serta membantu melawan peradangan, jerawat dan keriput. Ditambah, mengkonsumsi ikan salmon secara teratur membuat kulit kepala Anda terhidrasi dan memberikan Anda rambut yang sehat dan kuat.

BAYAM
Bayam adalah makanan kaya nutrisi. Bayam adalah sumber yang sangat baik dari vitamin E, zat besi, klorofil, asam folat, magnesium, serat, vitamin A, vitamin C dan protein nabati, yang semuanya bagus untuk kulit Anda.

Bayam juga dikemas dengan antioksidan yang membantu mencegah berbagai jenis masalah kulit. Anda dapat menggunakan bayam dalam smoothie hijau atau menambahkannya ke salad Anda. Makan bayam secara teratur akan membantu membersihkan kulit Anda dari dalam ke luar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading