Sukses

Beauty

Kenali Gejala Awal Anda Menderita Flu

Musim pancaroba merupakan musim bertebarnya penyakit. Terlebih lagi, daya tahan menurun sehingga penyakit pun mudah masuk ke dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah flu yaitu infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu juga mudah menular sehingga Anda perlu melindungi diri dari serangan virus ini.

Menurut National Institutes of Health, virus flu dapat menyebar dari tetesan air liur yang berasal dari batuk atau bersin si penderita, jelas MeetDoctor.com. Nah, berikut ini adalah gejala awal saat Anda terserang flu:

Mudah lelah

Saat musim hujan, matahari akan semakin sedikit memberikan sinarnya. Kondisi tersebut akan membuat Anda mudah lelah. Oleh karena itu, Anda disarankan cukup beristirahat dan mengonsumsi makanan sehat.

Badan nyeri dan kedinginan

Menggigil adalah tanda terserang flu. Biasanya, hal ini disertai nyeri yang menyerang beberapa bagian tubuh seperti kepala dan kaki.

Batuk

Batuk berdahak atau berlendir adalah gejala awal flu. Umumnya, batuk pun disertai menggigil dan sesak pada dada. Oleh karena itu, Anda disarankan menutup mulut atau memakai masker saat sedang flu atau batuk.

Sakit tenggorokan

Pada tahap awal flu, tenggorokan akan ikut sakit yang disertai dengan rasa gatal dan iritasi. Anda disarankan mengonsumsi teh hangat, sup, dan air hangat untuk sedikit meredakan sakit pada tenggorokan akibat flu.

Demam

Demam adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi akibat virus flu. Demam biasanya mencapai 38 derajat Celcius atau bahkan lebih.

Tidak jarang gejala awal flu bisa semakin memburuk. Hasilnya, ada beberapa gejala yang dianggap parah dan memerlukan perawatan medis darurat, seperti kesulitan bernafas, nyeri dada, dehidrasi berat, kulit membiru serta demam yang sangat tinggi.

Nah Ladies, jika Anda mengalami gejala di atas, jangan malas untuk memeriksakan diri ke dokter.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading