Sukses

Beauty

6 Jenis Makanan Ini Mengandung Lemak yang Baik untuk Tubuh

Kita tak bisa memusuhi lemak begitu saja. Tubuh kita butuh lemak dan jika tak tercukupi dengan baik maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Meski jelas bahwa mengonsumsi lemak secara berlebihan juga tidak baik karena bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan stroke. Berikut ini, seperti yang dilansir oleh self.com, ada enam jenis makanan yang mengandung lemak yang baik untuk tubuh.

    Buah Alpukat

    Buah alpukat mengandung lemak tapi lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) yang baik untuk tubuh dan bisa merendahkan kadar kolesterol. Satu buah alpukat ukuran sedang umumnya mengandung 30 gram lemak.

    Telur

    Telur adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Putih telur lebih sehat dibandingkan telur utuh karena mengandung lebih sedikit lemak. Dan meskipun kuning telur mengandung lemak tapi ada banyak gizi penting di dalamnya. Satu butir telur mengandung 5 gram lemak, dan hanya 1,5 gram saja yang mengandung lemak jenuh.

    Minyak Zaitun

    1 sendok makan minyak zaitun mengandung 100 kalori. Minyak zaitun juga dikenal bisa mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah, dan beberapa jenis kanker. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di Neurology menyebutkan bahwa memasak dengan minyak zaitun ini dan menggunakannya sebagai campuran salad bisa mengurangi risiko terkena stroke.

    Kacang

    Kacang almond, kenari, dan pistachios adalah kacang dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Kacang almond kaya akan vitamin E. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3. Dan kacang pistachio mengandung lutein dan zeaxanthin, serta merupakan jenis kacang yang mengandung lemak lebih sedikit dibandingkan yang lain.

    Mentega Kacang

    Mentega kacang mengandung protein sekaligus serat. Tapi hati-hati dengan yang mengandung gula tambahan. Pilihlah mentega kacang yang mengandung sedikit bahan campuran.

    Ikan

    Ikan seperti salmon, tuna, sarden, mackerel, dan trout mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Menurut American Heart Association, manusia perlu mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan herring, trout, mackerel, salmon, sarden, atau tuna setiap minggunya.

Yuk, lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang kita konsumsi. Lemak, meskipun sering dituduh menjadi biang sejumlah penyakit memiliki peran dan fungsi yang penting untuk tubuh. Hanya saja jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading