Sukses

Beauty

Mengenal Penyakit Amenorrhea Primer dan Penyebabnya

Amenorrhea merupakan suatu kondisi di mana wanita belum mengalami menstruasi padahal dia sudah dewasa atau telah memasuki masa pubertas. Sedangkan amenorrhea primer adalah kondisi di mana wanita belum menstruasi hingga usianya mencapai 16 tahun. Lalu, apa penyebabnya ya? Bahaya nggak?

Usia normal seorang wanita mengalami menstruasi adalah 12-15 tahun. Bahkan, ada juga yang sudah mengalami menstruasi pada umur sebelum 9 tahun. Ada pun penyebab dari amenorrhea primer ini adalah sebagai berikut, jelas MeetDoctor.com:

  • Kemungkinan adanya tumor.
  • Riwayat keluarga mengidap amenorrhea.
  • Olahraga berlebihan.
  • Adanya gangguan hormonal.
  • Terjadinya gangguan pola makan seperti diet yang ekstrem atau bulimia.

Nah, jika pada usia lebih dari 16 tahun Anda masih belum mengalami menstruasi juga, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter supaya bisa dilakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah Anda mengidap amenorrhea atau tidak. Beberapa jenis tes yang Anda lakukan antara lain tes darah yang meliputi tes kehamilan, te kelainan fungsi tiroid, tes fungsi ovarium, dan tes hormon testoteron.

Selain itu, Anda biasanya akan menjalani beberapa pemeriksaan seperti CT scan atau MRI. Pemeriksaan histeroskopi pun akan dilakukan dengan cara memasukkan kamera kecil yang dimasukkan melalui vagina juga bisa saja dilakukan.

Sementara itu, pengobatan untuk amenorrhea ini biasanya dengan cara pemberian pil KB dan obat-obatan tertentu sesuai saran dokter. Tetapi, kemungkinan dokter juga akan menyarankan untuk melakukan operasi jika ditemukan tumor atau adanya kelainan pada struktur organ reproduksi.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading