Sukses

Beauty

6 Cara yang Bisa Dicoba Agar Menstruasi Lebih Teratur

Menstruasi tidak teratur seringkali menjadi masalah yang sering membuat wanita pusing dan stres. Apalagi jika jadwal menstruasi tiba-tiba datang terlambat atau lebih cepat dari biasanya. Ada banyak penyebab jadwal menstruasi yang tidak teratur seperti gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan tertentu, dan stres.

Lalu bagaimana caranya agar menstruasi bisa lebih teratur? Seperti yang dilansir dari girlscosmo.com, melakukan perubahan-perubahan kecil dalam pola makan dan pola hidup akan sangat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Misalnya saja dengan tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi makan makanan sehat. Anda juga bisa mencoba enam cara di bawah ini untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lebih teratur.

    Minum Segelas Air Jahe Hangat

    Buat minuman jahe dari jahe bubuk untuk menormalkan siklus menstruasi Anda. Campurkan 1 sdt jahe bubuk kering dengan segelas air hangat, lalu minum di pagi hari saat perut masih kosong.

    Minum Jus Seledri

    Jus seledri ini bisa diminum untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Minum jus seledri dua kali sehari. Kandungan yang ada di seledri bisa menstimulasi uterus dan membuat siklus menstruasi lebih lancar.

    Berhubungan Seks

    Bagi yang sudah bersuami, Anda bisa coba cara yang satu ini. Berhubungan seks bisa mengkontraksi uterus sekaligus melemaskan kekakuan otot-otot vagina. Hormon yang diproduksi saat berhubungan seks pun bisa membantu melancarkan siklus menstruasi.

    Kompres dengan Air Hangat

    Masukkan air hangat ke dalam botol, lalu kompres perut Anda dengan botol yang sudah berisi air hangat tersebut. Kompres selama 10 hingga 15 menit, lakukan dua hingga tiga kali sehari.

    Olahraga

    Lakukan olahraga kardio atau aerobik supaya siklus menstruasi tidak terlambat. Olahraga bisa meredakan stres dan merangsang keluarnya hormon endorfin dan mengurangi kadar estrogen dalam tubuh. Olahraga ini bisa membuat siklus menstruasi lebih lancar tanpa efek samping.

    Konsumsi Buah-Buahan Tertentu

    Cara alami untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa menghasilkan panas tubuh. Umumnya adalah buah-buah tropis seperti buah nanas, pepaya, dan mangga.

Selain cara-cara di atas, ada juga sejumlah cara alami lain untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lancar seperti minum teh parsley dan mengonsumsi buah serta sayur yang kaya akan vitamin C.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading