Sukses

Beauty

Cara Mencegah Gigi Goyang oleh MeetDoctor.com

Selain gigi berlubang, salah satu masalah gigi yang juga sering Anda alami adalah gigi goyang. Masalah ini termasuk wajar jika anak kecil yang mengalaminya. Sebab, gigi susu mereka akan digantikan dengan gigi seri yang tumbuh beberapa waktu kemudian.

Namun, jika orang dewasa yang mengalaminya, bisa saja gigi mereka lepas dan tak ada penggantinya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyimak cara mencegah gigi goyang berikut seperti yang dijelaskan oleh MeetDoctor.com.

Gigi goyang disebabkan beberapa faktor, seperti karang gigi, pemilihan dan penggunaan sikat gigi yang tidak tepat, fraktur (patah) pada gigi, karies atau gigi berlubang yang sangat besar. Namun, penyebab utama gigi goyang adalah pemilihan dan penggunaan sikat gigi yang salah.

Ada pun cara mencegahnya antara lain:

  • Memilih sikat gigi dan menyikat gigi dengan lembut.
  • Bersihkan karang gigi secara rutin ke dokter gigi.
  • Gigi yang sudah rusak sudah tak dapat dipertahankan jadi sebaiknya segera
  • diperbaiki atau diekstraksi.
  • Gigi yang perlu ditambal sebaiknya segera ditambal agar mencegah kerusakan yang lebih parah.

Selain itu, jika karang gigi dibiarkan dan tidak dibersihkan, jaringan penyangga gigi atau tulang alveolar dan gusi yang menutupi tulang alveolar bisa rusak. Nah, jika ketahanan tulang alveolar menurun, maka gigi menjadi goyang dan kerusakan akan semakin parah. Dan, tanda dari karang gigi yang tidak pernah dibersihkan adalah adanya infeksi atau kerusakan jaringan penyangga gigi, yaitu gusi gampang berdarah. Pendarahan akan semakin hebat juga dapat diperparah karena penyikatan yang salah sehingga trauma yang dialami gigi semakin berat.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dapat mengontrol kesehatan gigi Anda secara rutin untuk mencegah timbulnya masalah-masalah gigi yang akan membuat gigi Anda menjadi rusak.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading