Sukses

Beauty

Ini Dia Manfaat Jahe Selain Menghangatkan Tubuh

Musim hujan kini mulai memasuki negara yang memiliki iklim tropis ini. Dan, suhu dingin yang ada saat musim hujan seringkali membuat kita sedikit kewalahan. Apalagi, saat lupa memakai mantel maupun jaket tebal untuk menghangatkan diri. Sehingga, deman dan flu kerap kali dialami.

Sementara itu, untuk menghangatkan tubuh, kita biasanya mengonsumsi minuman dengan jahe. Perlu Anda ketahui, jahe yang dikenal sejak dulu mampu menghangatkan tubuh dan menurunkan berat badan, juga banyak memiliki manfaat lainnya, seperti:

    Mengobati alergi

    Beberapa dari Anda mungkin ada yang sedikit sensitif dengan makanan tertentu. Dan, hal tersebut sering juga menimbulkan alergi. Jahe bermanfaat sebagai anti-alergi dikarenakan kandungan senyawa nonylaldehyde yang di mana berfungsi mengurangi rasa gatal akibat alergi yang muncul.

    Obat rematik

    Semakin bertambahnya usia, semakin banyak pula penyakit yang siap menyerang, seperti rematik. Untuk mengobati atau mencegahnya, Anda cukup membakar beberapa potong jahe di atas api panas atau bara sampai aroma khas yang ditimbulkan muncul. Kemudian ditumbuk sampai halus, lalu terakhir diaplikasikan pada area tubuh yang terkena rematik.

    Meredakan amandel

    Bagi Anda yang terkena radang tenggorokan karena amandel bisa menggunakan teh jahe maupun wedang jahe yang telah diseduh. Caranya cukup mudah. Hanya dengan merendam jahe yang dikeprak (tumbuk kasar) lalu tuang ke dalam air yang sebelumnya telah dididihkan.

    Mengobati sinus dan masuk angin

    Hidung tersumbat dan masuk angin bisa diatasi dengan sedikit kombinasi antara lemon dan madu dalam seduhan air jahe hangat. Caranya mirip dengan poin nomor 3 di atas. Hanya saja cukup ditambahkan 2 sendok makan perasan jeruk lemon dan madu sesuai selera.

    Bumbu masak

    Selain itu, jahe sudah dikenal luas karena perannya di dalam rempah pilihan alami yang membuat cita rasa masakan makanan menjadi lebih enak. Menambahkan jahe pada masakan seperti seafood yang diketahui berbau amis bisa dihilangkan dengan melumuri udang atau lobster terlebih dahulu, tentunya ditambah dengan bumbu lainnya juga.

Manfaat jahe ternyata banyak juga ya, Ladies? Tentu saja dengan banyaknya gizi yang terkandung, semakin banyak pula manfaat jahe bagi kita.

 

Oleh: Nurul Ningrum (The London school of Public Relations)

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading