Sukses

Beauty

Seberapa Banyak Sebenarnya Darah Keluar Saat Menstruasi?

Ladies, salah satu anugerah yang dimiliki wanita adalah kemampuan memiliki anak. Untuk bisa memiliki anak, setiap bulan Anda juga harus mengalami kejadian 'berdarah' untuk memberi kesempatan pada tubuh untuk dibuahi. Selama umur masih produktif, Anda akan mengalami siklus bulanan yang bernama menstruasi ini.

Namun mungkin beberapa wanita agak khawatir saat tiba menstruasi, karena melihat banyak darah yang keluar dari tubuh. Hal ini penting sekali diketahui apakah Anda mengalami menstruasi normal atau tidak karena beberapa wanita mengalami anemia parah saat menstruasi karena tidak mengetahui kondisi mereka saat menstruasi.

Karena tidak mungkin Anda menampung dan mengukur sendiri berapa banyak darah yang keluar, mungkin penjelasan dari www.everydayhealth.com berikut ini bisa mengakhiri kekhawatiran Anda. Seperti dikutip dari laman tersebut, ada beberapa hal yang bisa menandai menstruasi Anda merupakan pendarahan normal atau berat (biasa disebut juga menorrhagia).

Secara umum dan normal, siklus terjadi setiap 28 hari sekali dan darah yang keluar hanya sekitar 2-3 sendok makan saja. Periode ini berlangsung sekitar 4 hari atau lebih, dan biasanya hanya lebih 2-3 hari. Namun ketika menstruasi berat, Anda biasanya mengalami beberapa gejala berikut ini.

1. Menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari.
2. Anda mengganti 6-7 pembalut per hari karena darah yang keluar sangat banyak.
3. Anda mengalami anemia
4. Anda mengalami kram atau nyeri saat menstruasi
5. Anda menemukan gumpalan darah keluar, meski kecil namun sering dan melebihi ukuran normal.

Hal ini bisa terjadi pada siapa saja dan pada usia berapa pun. Jadi, kenali mulai sekarang seperti apa menstruasi Anda dan konsultasi ke dokter jika mengalami masalah ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading