Sukses

Beauty

Apa Itu Kram Otot? Dan Mengapa Bisa Terjadi?

Ladies, mungkin Anda yang suka olahraga atau mungkin baru saja memulai kegiatan rutin olahraga, mengerti tentang kejadian kram otot dan bagaimana sakitnya saat hal itu terjadi. Seringkali hal ini terjadi karena banyak hal. Namun sebenarnya apa sebab pasti dari terjadinya kram otot?

Banyak yang bilang karena ini atau karena itu. Yuk ketahui apa sebenarnya kram dan mengapa hal seperti ini terjadi, Ladies. Berdasarkan www.medicinenet.com, kram otot adalah otot sadar yang sedikit mengalami pergerakan mengalami tekanan atau penegangan sementara waktu karena tidak melakukan gerakan rileks.

Otot sadar kita seperti misalnya otot kaki dan tangan, namun otot sadar yang jarang bisa digerakkan dan hanya menjadi penunjang tubuh seperti misalnya otot di sekitar leher dan otot di kepala. Jika Anda mengangkat kaki untuk melangkah atau menekuk siku Anda, Anda mungkin jarang mengalami kram karena gerakan itu masih sangat alami dan terjadi lebih sering dari gerakan lain, bahkan mungkin tanpa sadar Anda telah melakukan gerakan tersebut.

Namun untuk beberapa otot yang jarang digunakan, gerakan mendadak akan menyebabkan kejutan dan hal inilah yang kemudian membuat otot tersebut mengejang dan disebut dengan kram otot. Kram otot sendiri bisa terjadi pada setiap orang dan pada bagian tubuh mana pun serta berlangsung selama hitungan detik dan menit, namun jarang sekali hingga berjam-jam.

Penyebabnya juga cukup banyak, seperti misalnya kurang peregangan otot, dehidrasi, atau karena otot merasa kelelahan setelah berdiri atau duduk terlalu lama. Jadi, untuk mencegah kram otot, Anda bisa melakukan pemanasan sebelum olahraga agak lama, jangan sampai dehidrasi dan gerakkan tubuh Anda sesekali meski harus bekerja dan duduk berjam-jam di depan komputer ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading