Sukses

Beauty

7 Cara Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit

Sebelum jatuh sakit, sebaiknya kita melakukan upaya-upaya pencegahannya. Ladies, tahukah Anda bahwa orang dewasa itu umumnya terkena flu atau pilek tiga kali dalam setahun? Setiap penyakit flu itu biasanya berlangsung hingga seminggu atau dua minggu. Dilansir dari prevention.com, penyakit flu juga bisa sangat parah yang baru bisa sembuh setelah satu bulan atau lebih.

Nah, agar tidak mudah sakit dan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga ada cara-cara yang bisa dilakukan. Berikut ini tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

1. Meditasi
Pikiran kita bisa mengurangi risiko kita terkena flu sebesar 40 hingga 50 persen, menurut penelitian dari University of Wisconsin, Madison pada tahun 2012. 55 orang yang melakukan teknik menenangkan pikiran bisa memiliki 13 jenis penyakit lebih sedikit dan 51 hari bebas penyakit lebih banyak daripada orang-orang dari grup kontrol selama musim pilek dan flu. Ini karena meditasi bisa mengurangi pengaruh fisik yang disebabkan oleh stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

2. Konsumsi Lebih Banyak Bawang Putih
Alisin, kandungan yang ada di dalam bawang putih bisa melawan virus. Mengonsumsi dua siung bawang putih setiap harinya bisa membantu kita agar tidak mudah jatuh sakit.

3. Olahraga Sedikitnya 5 Hari Seminggu
Berolahraga 30 hingga 60 menit sehari bisa memperlancar aliran darah sehingga sel-sel imun dapat tersalurkan ke semua bagian tubuh. Dan sangat disarankan untuk melakukan olahraga lima hari selama seminggu.

4. Cuci dan Keringkan Tangan
Sering-seringlah mencuci tangan Anda, khususnya ketika baru saja menyentuh sesuatu yang dicurigai mengandung bakteri atau kuman. Tapi pastikan juga Anda mengeringkan tangan Anda setelah mencucinya. Kenapa? Karena bakteri masih bisa menempel di tangan yang masih basah. Jangan lupa juga untuk mengganti handuk yang basah dengan handuk kering sesering mungkin.

5. Tidur yang Cukup
Sistem imun kita butuh istirahat untuk tetap sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University, meskipun orang-orang berkata bahwa mereka merasa segar setelah tidur kurang dari tujuh jam per hari, tapi mereka memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar terkena flu dibandingkan orang-orang yang bisa tidur sedikitnya delapan jam setiap harinya.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Manis
Dalam sebuah penelitian di Loma Linda University, orang-orang yang mengonsumsi 6 sdm gula (baik dari jus jeruk, madu, atau minuman manis lainnya), sel-sel darah putih yang bisa mencegah infeksi kehilangan kemampuannya untuk membunuh bakteri dan virus. Sistem imun kita akan menurun selama beberapa jam setelah kita makan atau minum yang manis-manis.

7. Minum Air Putih yang Cukup
Jamey Wallace, MD, kepala petugas medis di Bastyr Center untuk Natural Health di Seattle mengatakan bahwa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik bisa mencegah kita terkena infeksi. Ia mengatakan bahwa selaput lendir dan sel-sel imun di sekresi kita bertugas untuk melawan virus penyakit flu, dan fungsinya tidak akan berjalan baik jika kita dehidrasi.

Selain tips-tips di atas, kita juga perlu mengonsumsi cukup buah dan sayuran, khususnya yang mengandung vitamin C. Sebelum jatuh sakit, ada baiknya kita melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang pastinya lebih mudah dan juga murah.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading