Sukses

Beauty

Serunya Konsultasi Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Bareng MeetDoctor.com

Masalah rambut seakan tiada henti menghantui kita. Rambut berketombe membuat kita jadi kurang percaya diri, dan rambut rontok yang membuat khawatir takut kepala jado botak. Belum lagi, masalah rambut lainnya seperti bercabang, rambut rusak, dan sebagainya.

Mengetahui banyak Sahabat Vemale yang memiliki masalah dengan rambut, kali ini Vemale mengadakan Live Tweet dengan mengangkat tema Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala. Pertanyaan yang diajukan dijawab langsung oleh dr. Hans Utama Sutanto Sp. KK dari MeetDoctor.com. Simak yuk Ladies! Siapa tahu Anda memiliki masalah yang sama.

@nugrahaenni : Bagaimana cara tepat merawat rambut yang diwarnai, berketombe, dan berhijab? #AskVemale
Jawaban dokter : Menjaga kelembaban rambut penting untuk semuanya. Terkadang alergi dengan pewarna rambut bisa memicu berbagai kelainan rambut. Pemilihan bahan jilbab yang terbuat dari bahan katun bisa meminimalisasi masalah kelembaban. Setelah berkeramas dapat mengeringkan rambut dengan baik.

@Astevany14 : Bagaimana cara mencegah rambut bercabang? Dan cara mengobati rambut rontok? #AskVemale
Jawaban dokter : Pemakaian shampo yang tidak bersifat iritatif dan hindari trauma panas seperti pemakaian hair dryer atau alat catok yang berlebihan. Sedangkan rambut rontok dapat disebabkan berbagai faktor seperti faktor keturunan, usia, gizi, gangguan hormon, infeksi, alergi, konsumsi obat, stres, dan berbagai penyakit autoimun.

@novanovsky : Belakangan ini kira­kira 2 bulanan rambutku rontok. Aku pake hijab. Udah pake tonic rambut tapi belum ada hasil. Terus gimana? #AskVemale
Jawaban dokter : Menjaga kelembaban rambut penting untuk semuanya, pemilihan bahan jilbab yang terbuat dari bahan katun bisa meminimalisasi masalah kelembaban. setelah berkeramas dapat mengeringkan rambut dengan baik.

@ajeng613 : Gimana cara merawat kepala bayi baru lahir supaya rambutnya tebal? Penggunaan krim manjur nggak? Apa benar tidak harus dicukur 3 kali? #AskVemale
Jawaban dokter : Rambut bayi akar folikelnya dapat dirangsang dengan dicukur. Tetapi tidak ada jaminan tentang hal itu.

@febbey + @SusanFerawati : Sudah berbagai jenis shampo anti ketombe dipakai, tapi nggak mempan. Gimana solusinya? #AskVemale
Jawaban dokter : Ketombe dapat dipengaruhi berbagai faktor seperti kadar minyak yang terlalu berlebihan, pemakaian shampo yang bersifat iritasi dan kelembaban sehingga dapat menimbulkan infeksi jamur. Pengobatan ketombe dapat diberikan shampo anti-jamur. Dianjurkan untuk memeriksa ke dokter kulit.

@indahpramss : Rambut saya mudah patah dan sering berketombe. Perawatan apa yang harus dilakukan agar rambut normal kembali? #AskVemale
Jawaban dokter : Banyak kasus kelainan kulit kepala seperti psoriasis memiliki gambaran menyerupai ketombe. Periksakanlah ke dokter kulit untuk penanganan lanjut.

@HauraGita : kalau keramas itu yang bener 2 hari sekali atau 1 hari sekali? Kalau rambut kasar, bagaimana cara mengatasinya? #AskVemale
Jawaban dokter : Keramas dapat dilakukan tiap hari. Hati-hati bila penggunaan shampo bersifat iritasi akan menimbulkan berbagai kelainan.

@withaluke : Ketombe bisa diobati secara klinis nggak? Kalo iya apa aja obatnya? #AskVemale
Jawaban dokter : Ketombe dapat dipengaruhi berbagai faktor ketahui dulu penyebabnya. Untuk pengobatan ketombe dapat diberikan shampo anti-jamur. Dianjurkan untuk memeriksa ke dokter kulit.

@ninadesti : Cara paling ampuh untuk menyuburkan rambut dan menghilangkan rambut rontok gimana sih? #AskVemale
Jawaban dokter : Rambut rontok dapat disebabkan berbagai faktor seperti faktor keturunan, usia, gizi, gangguan hormon,dll. Jaga kelembaban rambut, gunakan sampo yang cocok untuk Anda.

@karinaalyn : Bagaimana cara merawat rambut tebal dan mengembang? #AskVemale
Jawaban dokter : Jaga kelembaban rambut, setelah berkeramas dapat mengeringkan rambut dengan baik, keramas teratur gunakan sampo yang cocok.

@misseLook : Dok, rambut rontok diapian ya? Udah berkali­kali ganti sampo masih aja rontok #AskVemale
Jawaban dokter : Rambut rontok dapat disebabkan berbagai faktor seperti faktor keturunan, usia, gizi, gangguan hormon, infeksi, alergi, konsumsi obat, stres dan berbagai penyakit autoimun. Periksakanlah kedokter kulit untuk penanganan lanjut bila sudah melakukan berbagai cara namun masih tetap bermasalah.

@sandravicaa : Dok, rambut saya rontok tapi rambutnya nggak tipis. Kenapa ya Dok? Terima kasih #AskVemale
Jawaban dokter : Selama rambut tidak rontok lebih dari 100 helai, masih dikatakan normal kok.

@rindianninovi : Dok gimana cara merawat rambut panjang yang baik dan sehat? #AskVemale
Jawaban dokter : Menjaga kelembaban rambut penting untuk semuanya. Setelah berkeramas dapat mengeringkan rambut dengan baik. Gunakan produk yang cocok dengan kulit kepala Anda.

Nah Ladies, bagi Anda yang memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan, jangan lewatkan Live Tweet selanjutnya bareng dokter ahli dari MeetDoctor.com. Makanya, yuk follow @Vemaledotcom dan bergabung di #AskVemale setiap hari rabu untuk konsultasi masalah kesehatan.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading