Sukses

Health

8 Cara Sederhana Cegah Serangan Flu Saat Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Musim hujan selalu menimbulkan satu masalah yang pasti, yaitu menyebarnya penyakit flu dan batuk. Karena musim berganti dengan suhu yang terkadang panas dan dingin, tubuh seringkali rentan terhadap serangan flu dan batuk. Jika tidak segera dicegah, maka penyakit ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada banyak cara untuk mencegah flu menyerang tubuh, ini beberapa di antaranya.

1. Makan makanan bergizi

Makanan bergizi seperti buah, sayur, daging dan ikan memiliki kandungan nutrisi yang mampu memperkuat kekebalan tubuh dari penyakit. Jika sistem imun tubuh saja bisa diperkuat dengan makanan bergizi, maka secara alami tubuh akan lebih luat menangkal virus flu dan batuk selama musim hujan.

2. Makan dan minum makanan kaya vitamin C

Mengonsumsi vitamin C sangat penting karena vitamin C berfungsi sebagai perisai untuk segala penyakit. Dengan banyak makan buah dan sayur kaya vitamin C, maka tubuh akan lebih baik dalam memperkuat imunitas tubuh. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas sehingga mengirangi inflamasi dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah diserang penyakit.

3. Cuci tangan sebelum dan setelah melakukan sesuatu

Banyak sekali bakteri atau virus yang berada di tangan karena menyentuh berbagai macam permukaan dan barang. Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan apa pun juga semakin digiatkan selama masa pandemi. Jadi sudah seharusnya jika kita menjaga kebersihan dan kesehatan dengan cara ini. Siapkan pula hand sanitizer ke mana pun jika dirasa tidak menemukan tempat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

4. Banyak minum air putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih ternyata juga penting. Pastikan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari, dan minum air hangat jika dirasa mulai tidak enak badan. Mengonsumsi cairan yang cukup membantu mencegah penyakit umum semacam flu dan batuk sepanjang musim penghujan. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan kaya kandungan air seperti buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

5. Olahraga pagi hari

Jangan abaikan olahraga, saat hujan justru tubuh perlu banyak bergerak untuk mengaktifkan kewaspadaan tubuh terhadap penyakit. Dengan menjaga kebugaran, udara bersih pagi hari dan mendapat sinar matahari yang hangat, mampu memenuhi vitamin D dan menjaga tubuh jauh dari penyakit.

6. Menjaga sirkulasi udara yang baik

Buka lebar pintu atau jendela saat pagi hari untuk menukar udara di dalam rumah yang tidak baik dengan udara yang lebih segar dan baru. Cara ini juga sekaligus berguna memberi jalan masuk sinar matahari agar cahayanya mencegah stres dan depresi juga memberi asupan vitamin D. Jika sudah agak siang, tutup agar udara berdebu tidak masuk. Pastikan sirkulasi udara bagus di dalam rumah, tidak lembab dan kotor.

7. Mandi malam hari dengan air hangat

Setelah pulang kerja dan ingin mandi di malam hari saat musim hujan seringkali mengundang penyakit. Untuk menjaga tubuh tetap segar sekaligus mencegah flu adalah dengan mandi air hangat. Ini akan sangat mampu merelaksasi otot yang stres sekaligus membilas kotoran dan bakteri yang menempel di tubuh karena beraktivitas seharian. Berendam dengan tambahan aromaterapi juga sangat baik membuat tidur lebih nyenyak dan mencegah penyakit.

8. Jangan begadang dan tidur yang cukup

Hal paling penting lainnya adalah memberi waktu cukup untuk diri sendiri beristirahat di malam hari. Tidak ada gunanya rajin olahraga, minum cukup air, dan makan makanan sehat namun mengabaikan tidur yang cukup selama 8 jam sehari. Jadi hindari begadang agar tubuh tetap sehat dan imun tubuh kuat.

Itu sekian cara mencegah flu yang perlu diterapkan sepanjang musim hujan agar tubuh tetap sehat, Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading