Sukses

Beauty

5 Alasan Usia Wanita Lebih Panjang Dibanding Pria

Setelah sering dikatakan sebagai makhluk yang lemah, fakta membuktikan bahwa rata-rata usia hidup wanita lebih lama ketimbang para pria. Memang benar usia adalah rahasia Tuhan, namun sebuah sebuah survey menunjukkan bahwa wanita bisa memiliki harapan hidup hingga usia 81,2 tahun, 5 tahun lebih lama dibandingkan pria.

Dilansir oleh newsmaxhealth.com, inilah beberapa hal yang membuat wanita bisa memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan pria. Tentunya dilihat dari sisi kesehatan.

    Bayi Perempuan Lebih Tangguh

    Saat masih menjadi janin, bayi perempuan jauh lebih tangguh dibanding bayi laki-laki. Bayi perempuan lebih kuat menghadapi infeksi dan masalah kesehatan lain setelah lahir. Berbeda dengan bayi laki-laki yang sering terlambat berkembang secara fisik dibandingkan bayi perempuan. Bahkan sebelum dilahirkan, janin perempuan lebih tangguh saat berkembang.

    Wanita Lebih Waspada

    Penyebab kematian ketiga para pria adalah luka yang tidak disengaja. Sedangkan pada wanita, penyebab kematian tersebut berada di posisi keenam. Hal tersebut disebabkan karena lobus frontal otak berkembang lebih lambat pada laki-laki. Padahal bagian tersebut bertanggung jawab pada pertimbangan akan resiko-resiko perilaku. Maka pria cenderung dianggap pemberani dan nekat melakukan hal-hal berbahaya, padahal itu akan meningkatkan risiko cedera dan luka parah.

    Jantung Wanita Lebih Kuat

    Penyakit jantung bisa menyerang pria dan wanita. Namun penelitian melihat sebuah hal berbeda. Pada wanita, penyakit jantung lebih lama berkembang. Rata-rata pria yang bermasalah dengan jantung akan mengalami serangan di usia 30 hingga 40 tahun. Namun pada wanita, pengembangan penyakit jantung bisa 10 tahun lebih lama. Penyebabnya adalah hormon estrogen yang lebih banyak di tubuh wanita, sehingga arteri lebih kuat dan fleksibel.

    Wanita Bersosialisasi Lebih Baik

    Makin banyak interaksi sosial dapat membuat seseorang berusia lebih lama. Wanita cenderung memiliki hubungan sosial yang kuat dengan banyak orang. Menurut sebuah penelitian di tahun 2010 yang dilakukan oleh Brigham Young University, seseorang akan menurunkan resiko kematian jika mudah bergaul dengan banyak orang. Dalam fakta di lapangan, wanita lebih cerewet dan lebih mudah bersosialisasi ketimbang pria. Inilah salah satu alasan mengapa wanita jarang merasa sepi dan bisa curhat sekaligus meredakan stresnya.

    Wanita Lebih Peduli Kesehatan

    Rasanya ini sudah jadi rahasia umum. Survey menunjukkan bahwa 24 persen pria lebih banyak mengunjungi dokter dalam waktu satu tahun. Pria juga lebih sering bermasalah dengan kolesterol tinggi dibanding wanita. Begitu juga dalam hal asuransi, lebih banyak wanita yang memiliki asuransi kesehatan dibanding pria. Untuk pola makan sehari-hari, tampaknya Anda paham bahwa wanita lebih cerewet sedangkan pria lebih sembarangan saat makan, yang penting kenyang.

Itulah beberapa hal yang membuat wanita bisa memiliki harapan hidup yang lebih panjang dibanding pria. Semoga bermanfaat dan teruslah menjaga kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading