Sukses

Beauty

5 Tanda Asupan Lemak Anda Masih Kurang

Makanan yang sehat itu tidak selalu makanan yang bebas lemak. Justru tubuh kita perlu asupan lemak yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Seperti yang dilansir oleh cosmopolitan.com, wanita pada umumnya butuh asupan lemak sebanyak lima atau enam sendok teh minyak dari sumber-sumber makanan seperti buah alpukat, selai kacang, biji-bijian, mayo, dan salad dressing. Dan berikut ini tanda-tanda bahwa Anda belum mengonsumsi lemak dengan cukup.

    Merasa Sangat Kelaparan

    Masih juga merasa lapar padahal baru saja selesai makan? Ini salah satu tanda bahwa Anda kekurangan asupan lemak. Tubuh kita butuh waktu lebih lama untuk memproses lemak daripada mencerna karbohidrat. Makanan yang mengandung lemak bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, kata Anne Mauney, ahli gizi terdaftar yang tinggal di Washington D.C.

    Kulit Jadi Lebih Kering dan Kusam

    Loro Welstead, M. S., ahli gizi terdaftar di University of Chicago Medicine di Chicago, IIlionois, mengungkapkan bahwa kulit kering dan kusam bisa disebabkan, salah satunya, oleh kurangnya lemak. Meskipun Anda pernah dengar bahwa makanan berminyak bisa mengganggu penampilan kulit Anda, tapi lemak yang sehat bisa menyerap vitamin larut lemak di makanan lain yang Anda makan sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

    Menstruasi Tak Teratur

    Tubuh kita butuh lemak untuk melancarkan hormon-hormon di dalam tubuh. Jadi kekurangan lemak ternyata bisa membuat menstruasi tidak teratur juga. (Catatan: makanan yang dikonsumsi bukan satu-satunya faktor penyebab menstruasi tidak teratur, masih ada banyak faktor lain yang membuat menstruasi tak teratur).

    Sangat Kesulitan untuk Memusatkan Perhatian

    Satu gram lemak memiliki kandungan kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan satu gram karbohidrat atau protein. Meskipun sangat memungkinkan mendapatkan cukup asupan kalori dari karbohidrat dan protein saja, tapi orang yang terlalu pemilih dalam urusan makanan bisa jadi malah kekurangan asupan kalori yang dibutuhkan.

    Merasa Mudah Gugup dan Depresi

    Welstead mengungkapkan bahwa tidak mengonsumsi asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 bisa membuat kita merasa mudah sekali gugup. Ikan, biji-bijian dari bunga flax dan chia seed adalah sumber lemak yang baik. Jika rasa gugup atau panik tiba-tiba melanda atau mendadak merasa bad mood, cobalah untuk mengonsumsi ikan-ikan segar yang mengandung lemak sehat seperti salmon, tuna segar, atau sarden.

Sejumlah tanda lain yang menunjukkan bahwa asupan lemak Anda masih kurang, antara lain kesulitan mengingat, merasa sangat kelelahan setelah olahraga selama 20 menit padahal tubuh sedang fit, dan mudah terkejut atau kaget ketika mendengar suara dalam keramaian.

Tubuh kita bagaimana pun tetap membutuhkan lemak. Hanya saja porsinya harus benar-benar disesuaikan dan pas untuk kebutuhan tubuh. Eat healthy diets and get a fit body!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading