Sukses

Beauty

Mengenal Penyebab Dan Gejala Pendarahan Otak

Beberapa terakhir ini, social media dihebohkan dengan berita meninggalnya Gayatri Waisilla, gadis muda dan jenius yang menguasai 14 bahasa. Gayatri dikabarkan meninggal akibat pendarahan otak atau yang sering dikenal dengan cerebral edema. Nah Ladies, tidak ada salahnya lho jika Anda menyimak apa itu penyakit pendarahan otak, penyebab, dan gejalanya.

Dilansir dari www.webmd.com, pendarahan otak merupakan salah satu tipe dari penyakit stroke. Pendarahan otak ini bisa terjadi akibat arteri dalam otak pecah dan menyebabkan pendarahan. Darah yang keluar akan mengiritasi jaringan dan menyebabkan pembengkakan di otak.

Kondisi ini juga menyebabkan tekanan pada otak sehingga penderita merasakan sakit kepala yang luar biasa. Pendarahan dapat terjadi di dalam otak, antara otak dan selaput yang menutupinya, antara lapisan penutup otak atau antara tengkorak dan penutup dari otak.

Adapun penyebab dari pendarahan otak ini antara lain:

  • Cedera. Cedera merupakan penyebab paling sering terjadi pada penderita dengan usia di bawah 50 tahun.
  • Pembuluh darah tidak kuat sehingga tekanan darah dapat membuatnya mudah pecah.
  • Keadaan dinding pembuluh darah yang abnormal yang sering terjadi terutama pada penderita darah tinggi.
  • Menderita Hemophilia atau sickle cell anemia.

Lantas, bagaimana dengan gejala dari pendarahan otak? Apakah sering sakit kepala merupakan tanda kita menderita pendarahan otak?

Memang, salah satu gejala umum dari pendarahan otak adalah sakit kepala. Namun, tidak semua sakit kepala merupakan gejala pendarahan otak, melainkan bisa saja karena perubahan suhu atau ada penyebab lainnya.

Sedangkan gejala yang sering muncul pada penderita pendarahan otak di antaranya sakit kepala yang datang tiba-tiba, lengan dan kaki terasa lemas, rasa ingin muntah, gangguan penglihatan, kehilangan keseimbangan, terasa susah untuk berbicara. Selain itu, gejala pendarahan otak juga ada kaitannya dengan hilangnya fungsi saraf motorik penderita.

Wah Ladies, jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan medis sebelum terlambat.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading