Sukses

Beauty

Ngemil Apa Yang Sehat Saat Punya Diabetes Mellitus?

Anda pasti tahu bahwa ngemil sebenarnya merupakan kebiasaan yang sangat buruk, apalagi jika pilihan makanan yang Anda makan adalah keripik yang banyak memiliki sodium, bahan pengawet dan lain sebagainya. Bahkan mungkin nilai nutrisinya tidak banyak dan malah memicu penyakit seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Hal ini mungkin akan lebih susah jika Anda ternyata memiliki penyakit diabetes, karena camilan juga bisa berupa biskuit, dan makanan manis lainnya. Nah, jika Anda memiliki diabetes melitus atau tipe 2, Anda sebenarnya tetap bisa ngemil sehat. Seperti dikutip dari www.health.com, cemilan bukanlah makanan yang bisa dimasukkan dalam diet diabetes, namun bisa menjadi baik jika Anda tahu pilihan cemilan apa yang bisa membuat Anda sehat dan mendukung diet Anda.  

Kuncinya adalah mengetahui makanan yang 'baik', ukuran porsi yang tepat, dan seberapa sering Anda bisa makan makanan tersebut. Makanan yang jadi cemilan harus memiliki kombinasi yang baik seperti lemak, protein dan karbohidrat yang mendominasi dari kandungan lainnya.

Menurut seorang ahli gizi, cemilan yang baik adalah yang mengandung 15-30 gr karbohidrat dengan 100-200 kalori saja. Anda bisa memilih plain yogurt, popcorn tanpa mentega, dan buah-buahan serta kacang-kacangan. Cemilan untuk Anda pun memang sangat terbatas dan itulah yang harus diterima. Anda tidak mungkin bisa mengharapkan cheese cake atau kue bolu dan tart yang jelas-jelas bukan pilihan sehat.

Anda juga perlu mengatur porsi yang bisa dimakan dan waktu yang tepat. Cukup satu mangkuk kecil kacang pada pagi dan sore hari dan lain sebagainya. Anda bisa memperkirakan berapa banyak karbohidrat dalam makanan tersebut dan mengatur jadwal kapan bisa ngemil.

Jadi, jangan ragu untuk ngemil jika Anda ingin, namun tahu batasannya ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading