Sukses

Beauty

Bakteri Jahat Pada Kerang

Ladies, biota laut yang biasa dikonsumsi karena kaya akan kandungan gizinya seperti besi (Fe), fosfor (P), flour(F), iodium(I), kalsium(Ca), kalium(K), seng(Zn), selenium(Se) dan sebagainya adalah kerang. Ya, mungkin ladies sudang tidak asing lagi dengan keberadaan hewan yang satu ini, karena selain kaya akan gizinya juga kaya akan manfaatnya. Adapun salah satu manfaatnya yakni keberadaan omega-3 dan omega-6 yang sangat untuk perkembangan otak si kecil.

Tapi Ladies harus tetap berhati-hati ketika ingin mengkonsumsi kerang, karena bisa jadi kerang yang anda konsumsi sakit sehingga tidak aman lagi untuk dikonsumsi dan bisa membahayakan tubuh anda, si kecil dan juga keluarga anda. Ladies, salah satu penyebab kerang mengalami sakit yakni keberadaan bakteri jahat pada tubuh kerang, bakteri tersebut adalah bakteri Vibrio sp.

Bakteri Vibrio sp. ini merupakan jenis bakteri gram negatif yang memiliki bentuk seperti batang panjang ataupun lengkung. Adapun penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini disebut dengan vibriosis. Bakteri ini menginfeksi kerang melalui darah, selanjutnya ke sirkulasi jaringan yang bisa menyebabkan kerusakan dan radang pada pembuluh darah kulit.

Ladies bakteri Vibrio sp. ini memperbanyak diri di daerah usus dan menginduksikan toksinnya sehingga menimbulkan toksemia pada kerang yang diserangnya. Toksin yang dihasilkan oleh bakteri tersebut selanjutnya mengakibatkan anemia hemolitik yang mengakibatkan peningkatan hemosiderin pada pusat melanomakrofag pada jaringan hemapoietik limpa dan ginjal kerang.


Oleh : Azizah

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading