Sukses

Beauty

Tak Bisa Cium Aroma Mawar, Berarti Usia Kurang Dari 5 Tahun

Jika Anda tak lagi berselera makan karena aromanya tak lagi menggugah selera, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan. Sebuah penelitian terbaru memberikan hasil yang mengejutkan. Mereka yang tidak bisa mencium aroma tertentu lebih mungkin memiliki usia kurang dari lima tahun. Ilmuwan menemukan bahwa menurunnya kemampuan penciuman menjadi peringatan dini kesehatan yang buruk.

Penelitian dari University of Chicago, Amerika Serikat melakukan uji pada 3.000 wanita dan pria. Mereka diminta untuk mendeteksi aroma dari 5 bahan yang berbeda. Aroma yang diujicobakan adalah mawar, peppermint, ikan, jeruk dan bahan kulit. Mereka yang bisa mendeteksi 4 dari 5 aroma memiliki penciuman yang baik, sedangkan jika hanya bisa mendeteksi 3, ada yang tidak beres dengan kesehatan mereka.

Lima tahun setelah percobaan, peneliti mencatat 430 pria dan wanita yang tergabung dalam penelitian meninggal. Mereka yang gagal melakukan tes aroma 6 kali lebih mungkin meninggal dibanding rekan mereka yang bisa mendeteksi aroma dengan baik, dilansir oleh Dailymail.co.uk.

Ilmuwan yakin bahwa kemampuan mencium aroma berhubungan dengan kesehatan tubuh. Semakin berkurangnya kemampuan mencium aroma berkaitan dengan kehilangan nafsu makan, memiliki kanker, masalah jantung atau masalah kesehatan lainnya.

"Mencium aroma tidak menyebabkan kematian secara langsung, tetapi bisa menjadi tanda dan peringatan dini bahwa ada yang salah dengan kesehatan Anda," ujar Jayant Pinto, kepala penelitian.

Usia memang rahasia Tuhan, namun tak ada salahnya Anda rutin melakukan kontrol kesehatan. Bukankah berusia panjang bisa membuat Anda berbuat baik lebih banyak dan menikmati waktu lebih lama bersama keluarga tercinta.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading