Sukses

Health

5 Manfaat Buah Kenitu untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol hingga Anemia

Fimela.com, Jakarta Buah kenitu mungkin bukan jenis buah yang sangat populer di pasaran, namun rasanya yang manis dan daging buahnya yang lembut pasti memiliki penggemarnya sendiri. Buah kenitu disebut juga sawo duren atau mungkin memiliki banyak nama lain di berbagai daerah di Indonesia karena seringkali penyebutannya berbeda. Buah musiman ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Ini beberapa manfaat makan buah kenitu yang perlu kita ketahui.

1. Menangkal radikal bebas

Buah kenitu punya banyak kandungan antioksidan seperti polifenol catechin, epicatechin, dan quercetin sehingga sangat baik menangkal radikal bebas. Buah ini juga mengandung vitamin C. Kesemua antioksidan itu mampu mengurangi kerusakan sel dalam tubuh, memelihara sel-sel sehat dan mengurangi inflamasi yang bisa mengundang penyakit. Bahkan kandungan antioksidan yang cukup bisa menjaga kulit awet muda.

2. Mencegah anemia

Buah berbentuk bulat dengan permukaan mengkilap ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga mampu membantu mencegah anemi dan membantu pembentukan sel darah merah. Untuk perempuan yang sering mengalami anemia saat menstruasi, buah kenitu ini mungkin bisa dijadikan obat alami mempertahankan zat besi. Zat besi akan mengikat cukup oksigen di sel darah merah untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

3. Menurunkan kolesterol

Buah yang memiliki warna hijau atau ungu ini juga bisa menjaga kesehatan jantung dari risiko stroke, penyumbatan pembuluh darah dan jantung koroner karena kandungan vitamin B3 atau niacin yang tinggi. Vitamin ini efektif membantu menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan kulit, sel saraf dan sistem pencernaan. Niacin bahkan bisa berfungsi sebagai antioksidan membantu senyawa lain untuk melawan radikal bebas.

4. Menjaga kepadatan tulang

Meskipun tidak sebanyak susu, tetap kenitu juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang membantu memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh dalam menjaga dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Fosfor dan kalsium membantu memperbaiki dan memulihkan tulang sehingga mencegahnya dari osteoporosis dan mencegah nyeri sendi. Bahkan penyerapan kalsium dibantu oleh vitamin C dapat mencegah kerusakan oksidatif pada tulang.

5. Menjaga kadar gula darah

Bagi penderita diabetes atau risiko besar mengalami diabetes kemungkinan aman mengonsumsi kenitu karena buah ini mengandung banyak senyawa bioaktif yang bermanfaat, termasuk alkaloid, flavonoid, polifenol, triterpenoid, dan steroid yang dapat menghambat enzim glukosidase, yang mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan meningkatkan kadar gula darah. Mengonsumsi kenitu secukupnya dapat menjaga kadar gula darah.

Jadi jika kebetulan sedang musim buah kenitu di pasar buah, coba beli dan makan ya karena ternyata baik untuk kesehatan.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading