Sukses

Beauty

Jangan Buang Biji Labu, Kenali 4 Manfaat Kesehatannya

Ladies, jika Anda kebetulan suka sekali dengan buah besar berwarna orange terang yang sangat keras ketika masih mentah bernama labu parang, maka Anda mungkin juga akan menyukai manfaat biji labu. Jika Anda makan buahnya, jangan langsung membuang bijinya, karena justru di dalam biji labu banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Seperti dikutip dari www.fitnea.com, beberapa manfaat penting biji labu adalah

(vem/feb)

Mencegah radikal bebas

Biji labu memiliki banyak kandungan antioksidan yang bermacam-macam dan sangat baik mencegah efek buruk radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel tubuh sehingga organ bisa bekerja dengan baik.

Biji labu memiliki nutrisi yang cukup lengkap seperti vitamin, mineral, dan antioksidan fenolik. Biji labu terutama memiliki kandungan vitamin E yang banyak dan bermacam-macam sehingga baik menjaga kesehatan kulit.

Anti-mikroba

Ekstrak minyak biji labu dan biji labu sendiri sudah dikenal manfaatnya sebagai anti mikroba, termasuk sifat anti jamur dan anti virusnya. Protein dalam biji labu yang berperan sebagai anti mikroba sangat baik. Hal ini dapat menyembuhkan penyakit kulit dari dalam dan jika minyak biji labu dioleskan, akan meredakan rasa gatal kulit dan membantu menyembuhkan penyakit kulit.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan lignan dalam biji labu termasuk lariciresinol, medioresinol, dan pinoresinol terbukti memiliki sifat anti mikroba dan terutama anti-virus. Bukan hanya dapat menyembuhkan penyakit kulit, Anda juga dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Baik untuk diabetes

Jika Anda menderita diabetes, maka biji labu adalah salah satu camilan yang sangat sehat. Ini dikarenakan biji labu dapat meningkatkan regulasi insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu melindungi ginjal penderita diabetes.

Biji labu juga kaya serat dan rendah kalori sehingga sangat baik mendukung program diet Anda. Hal ini bukan hanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, namun juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Cegah kanker

Biji labu yang kaya berbagai macam antioksidan seperti misalnya benificial lignan, lignan pinoresinol, medioresinol dan lariciresinol juga bisa menjadi makanan anti kanker. Bukan hanya itu, antioksidan fenolik seperti ferulic, protocatechuic, caffeic, hydroxybenzoiccoumaric, asam vanilat, sinapic dan syringic juga membantu mencegah berkembangnya sel kanker.

Antioksidan yang begitu banyak akan membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh sehingga dapat membersihkan tubuh dari racun, pengaruh buruk radikal bebas dan penuaan. Banyak penelitian mengatakan, biji labu terutama dapat mengurangi risiko kanker payudara dan prostat.

Mungkin itu juga yang menjadikan biji labu sering diolah menjadi camilan kering yang diasinkan dan dijual di banyak supermarket. nah, karena Anda sudah tahu sendiri manfaatnya, yuk buat sendiri camilan sehat Anda dengan biji labu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading