Sukses

Beauty

Makanan Mentah vs Matang, Mana Yang Lebih Sehat?

Ladies, Anda mungkin pernah bertanya kepada seseorang mengapa mereka makan beberapa sayuran dalam keadaan mentah, bahkan ada pula yang menerapkan raw diet, yaitu makan makanan yang tidak dimasak, alias mentah. Jika di jepang mungkin sudah biasa, namun bagi sebagian besar orang Indonesia yang makan dengan makanan yang selalu dimasak, hal itu mungkin agak aneh.

Namun perlu Anda ketahui juga Ladies bahwa memang ada beberapa bahan makanan yang lebih sehat dimakan tanpa dimasak dan ada pula makanan yang sebaiknya dimasak dulu baru bisa dimakan. Nah, makanan seperti apa yang masuk kategori 'lebih baik mentah' dan 'lebih baik matang'? Menurut www.fitnea.com, ini dia beberapa daftarnya

    Bawang merah

    Anda tidak perlu memasaknya terlalu lama, makan bawang merah bisa dalam keadaan mentah Ladies. Bawang merah mengandung fitonutrien allicin yang merupakan penurun nafsu makan. Selain itu, bawang merah juga memiliki lebih flavonoid yang disebut dengan quercetin sebagai anti-inflamasi yang sangat baik. Cukup ditumis sebentar dan itu akan mengeluarkan lebih banyak flavonoid dalam bawang merah. Memasaknya terlalu lama akan menghilangkan nutrisi dalam bawang merah.

    Brokoli

    Keluarga sayur Brassica seperti brokoli, kubis, kol, daun kale dan kecambah adalah makanan yang baik dimakan mentah maupun dimasak, namun tentu saja Anda tidak bisa memasaknya terlalu lama. Jika dimasak dalam suhu yang panas, brokoli bisa kehilangan enzim myrosinase yang bisa membantu membersihkan hati dari racun penyebab kanker atau karsinogen. Brokoli mentah mengandung enzim yang disebut myrosinase yang terurai menjadi sulforaphane, senyawa yang membantu mencegah kanker dan bisul perut.

    Tomat

    Tomat lebih baik dimakan setelah dimasak. Meski memang sering dimakan mentah, namun kandungan lycopene tomat akan semakin tinggi setelah terpapar suhu panas. Lycopene merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kulit dan mencegah kanker. Anda bisa menumis sebentar dan makan begitu saja.

    Wortel

    Lebih baik dimakan mentah. Jika Anda ingin makan matang, jangan terlalu memasaknya. Cukup satu menit saja dan angkat. Terlalu lama memasak wortel bisa menghilang polifenol dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan kuat.

Jadi, coba memasak beberapa bahan makanan ini dengan benar ya Ladies agar mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Tidak ada yang benar-benar baik antara dimasak atau makan mentah.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading