Sukses

Beauty

Mengobati Demam dan Diare dengan Bunga Jambu Semarang

Salah satu jenis jambu air ini memiliki ciri warna merah pada buahnya yang manis dengan bentuk seperti lonceng. Tidak berbeda dengan buah jambu air kebanyakan, jambu semarang ini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Hal ini menjadikan buah jambu semarang sangat segar dikonsumsi. Namun tidak hanya buahnya saja yang baik untuk kesehatan, bahkan bunganya juga bisa mengobati beberapa penyakit lho Ladies. Berdasarkan kutipan dari laman en.wikipedia.org, bunga jambu semarang memiliki sifat astringen sehingga biasa digunakan untuk mengobati diare dan demam.

Rasa sepat pada bunga jambu semarang bersifat astringen sehingga dapat meredakan sakit dan menyembuhkannya secara perlahan. Diketahui juga bahwa bunga jambu semarang memiliki kandungan tannin.

Ladies bisa meramu bunga jambu semarang dengan cara mengambil beberapa bunga yang masih mekar dan menghaluskannya dengan diblender. Setelah itu campur dengan 1-2 sendok makan madu dan sedikit air. Minum ramuan ini 2 kali sehari rutin selama seminggu untuk menghentikan diare.

Hal ini juga sama dengan mengobati demam, hanya saja Ladies bisa menempelkan atau mebubuhkan bunga yang sudah diblender ke dahi untuk membantu penurunan panas tubuh. Bahkan bunga jambu semarang juga diketahui beberapa senyawa penting seperti desmethoxymatteucinol, 5-O-methyl-4'-desmethoxymatteucinol, oleanic acid dan B-sitosterol yang berfungsi sebagai antibiotik dan melawan bakteri serta jamur penyebab penyakit.

Jadi, jika ingin menanam pohon untuk kebun atau taman, jangan ragu memilih untuk menanam jambu air semarang ya Ladies. Selain akan membuat rumah Anda rindang, juga banyak mengandung manfaat kesehatan.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading