Sukses

Beauty

Buah Maja, Solusi Manis untuk Kesehatan (part 1)

Buah maja, jika mendengar nama buah ini, pasti teringat dengan nama kerajaan besar jaman dahulu yang pernah berjaya, benar kan Ladies? Apalagi jika bukan Kerajaan Majapahit, dan dari nama buah inilah kabarnya nama kerjaan tersebut diambil.

Seringkali orang salah kaprah mengenali buah maja dengan buah lain bernama berenuk. Mungkin yang dimaksud buah maja yang pahit pada saat itu sebenarnya adalah buah berenuk yang tidak bisa dimakan daging buahnya dan hanya bisa dimanfaatkan tempurungnya yang keras menjadi berbagai kerajinan tangan.

Namun buah maja yang sebenarnya merupakan buah yang memiliki rasa manis dan masuk dalam keluarga jeruk-jerukan, Ladies. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, buah maja yang manis memiliki manfaat untuk kesehatan seperti misalnya menyembuhkan diare, kolera, wasir, vitiligo dan tukak lambung.

Ini karena adanya senyawa tannin dalam buah maja yang membantu dalam menyembuhkan penyakit seperti diare dan kolera. Buah yang sudha dikeringkan dan digiling menjadi bubuk dapat diseduh untuk mengobati diare kronis. Ekstrak buah maja mentah juga efektif mengobati wasir dan vitiligo. Meskipun memang tidak bisa langsung kentara perubahannya, namun vitiligo bisa secara berkala tersamarkan.
Hal ini juga digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan seperti kurang darah atau anemia, telinga berdengung dan menjaga kesehatan mata. Pada zaman kuno, bubuk kering buah yang memiliki kulit tebal ini dicampur dengan kunyit dan dibubuhkan pada bagian tulang untuk mengobati patah tulang.

Bahkan buah maja juga memiliki senyawa fenolik tertentu yang mengandung anti-oksidan yang membantu dalam mengatasi ulkus lambung yang disebabkan karena ketidakseimbangan dalam tingkat asam di perut.

Jadi, berbeda dengan buah maja yang pahit (berenuk), buah maja ini manis dan memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan, Ladies.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading