Sukses

Beauty

Pakai Bra Saat Tidur Sebabkan Kanker Payudara Ternyata Tak Benar

Anda pasti pernah mendengar kabar bahwa memakai bra saat tidur berpotensi menyebabkan kanker payudara. Faktanya, kabar tersebut tidak didukung kebenaran ilmiah. Seorang ahli kesehatan mengatakan bahwa memakai bra saat tidur tidak memberi bahaya dan tidak juga memberi efek kesehatan.

"Belum ada bukti bahwa tidur memakai bra bermanfaat untuk kesehatan atau membahayakan," ujar Amber Guth, M.D, seorang ahli bedah dan direktur dari Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di New York, seperti diberitakan oleh Huffingtonpost.com.

Rumor memakai bra saat tidur dapat menyebabkan kanker payudara muncul di tahun 1995 dalam buku berjudul Dressed to Kill. Dalam buku tersebut dituliskan juga bahwa pemakaian bra ketat sehari-hari akan membuat racun dalam tubuh terutama di sekitar payudara terjebak dan sulit keluar dari tubuh. Pernyataan itu tersebar luas dan membuat banyak wanita takut memakai bra, terutama saat tidur.

Foto: copyright shutterstock.com

Hasil penelitian yang ditulis dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menyebutkan bahwa tidak ada hubungan antara risiko kanker payudara dan lama pemakaian bra. "Tidak ada risiko berapa jam pun wanita memakai bra, jenis bra yang dipakai dan pada usia berapa pertama kali mereka memakai bra," ujar Lu Chen, MPH yang merupakan peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Research Center.

Tidak ada manfaat memakai bra saat tidur di malam hari, tidak ada juga bahayanya. Namun memakai bra saat tidur dirasa nyaman oleh beberapa wanita yang sedang hamil, menyusui atau yang memiliki payudara ukuran besar.

Jadi jangan takut memakai bra, bahkan saat tidur selama Anda merasa nyaman. Yang pasti, pilihlah bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda. Bra yang terlalu besar tak dapat menopang sempurna, sedangkan bra yang terlalu sempit akan membuat dada terasa sakit, punggung nyeri dan membuat Anda tak nyaman.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading