Sukses

Beauty

Ketahui Tentang Kanker Rahim Endometrium (part 1)

Jika bicara tentang penyakit sistem reproduksi wanita, maka tidak lepas dari pembahasan tentang kanker rahim. Sudah banyak yang mendengar tentang kanker rahim, tapi mungkin tidak banyak yang tahu tentang bagaimana dan seperti apa sih kanker rahim itu.

Jika dilihat dari kutipan www.mayoclinic.org, kanker rahim atau sering juga disebut dengan kanker endometrium, merupakan tipe kanker yang berkembang mulai dari awal di dalam jaringan rahim. Rahim sendiri merupakan sebuah tempat berkembangnya bayi di dalam pinggul di mana proses pembuahan dan siklus menstruasi terjadi.

Kanker rahim berkembang awalnya pada lapisan sel yang membentuk rahim atau disebut dengan bagian endometrium, oleh karena itu, tidak heran jika kanke rrahim juga dikenal sebagai kanker endometrium. Nama itu diambil berdasarkan sel di dalma rahim yang ditumbuhi kanker.

Selain kaker endometrium, di dalam rahim juga bisa terbentuk penyakit lain yang serupa seperti tumor rahim atau uterine sarcoma, namun lebih jarang daripada kanker rahim. Untungnya, kanker rahim endometrium ini bisa dideteksi sejal dini, atau sejak awal sel kanker menginfeksi.

Hal ini dikarenakan seringnya terjadi gejala seperti adanya pendarahan abnormal pada miss V, yang membuat para wanita segera memeriksakan diri ke dokter. Jika diketahui sejak wal seperti ini, penanganan dan pengobatan jadi lebih mudah dan tidak berisiko menyerang ke bagian tubuh lain.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading