Sukses

Beauty

Kenali Apa Itu Kanker Hati (part 5)

Ketika mendengar tentang kanker hati, bukan berarti Anda mengidap sirosis Ladies. Bisa jadi malah penyakit kanker hati primer yang biasa disebut dengan nama hepatocellular carcinoma. Meski lebih cenderung menyerang pria, namun sebagai wanita, tidak menutup kemungkinan Anda juga mengalaminya.

Untuk mengetahui apakah Anda benar-benar mengalami kanker hati, menurut www.mayoclinic.org, ada beberapa cara untuk mendapatkan diagnosis, antara lain adalah
1. Tes darah
Tes darah dilakukan untuk mendapatkan kelainan pad adarah yang disebabkan oleh hati. Dari darah, Anda bisa mengetahui seberapa baik kerja hati dan seberapa sehat hati Anda memproduksi sel darah.
2. Tes pencitraan
Tes ini meliputi USG, CT scan dan MRI atau magnetic resonance imaging. Dengan teknologi ini, organ hati akan dilihat apakah mengalami gangguan atau tidka dan melihat apakah ada jaringan abnormal yang sedang tumbuh.
3. Mengambil contoh jaringan hati

Pengambilan contoh jaringan hati untuk diuji lab adalah cara yang juga cukup umum untuk mendapat kepastian apakah ada sel kanker yang sedang berkembang di dalam organ hati. Sampel jaringan akan diperiksa di bawah mikroskop. Prosedur ini bisa juga disebut dengan tes biopsi.

Dokter mungkin akan melakukan injeksi dan memasukkan jarum tipis melalui kulit dan masuk ke dalam organ liver Anda untuk mendapatkan sampel jaringan. Prosedur tes ini memiliki risiko seperti timbulnya memar, pembengkakan, pendarahan dan infeksi.

Jadi, putuskan untuk menjalani serangkaian tes seperti apa dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor, terutama kenyamanan Anda.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading