Sukses

Parenting

Gejala Kanker Darah Pada Anak Bagian II

Memang, sistem kekebalan tubuh pada anak tidak sekuat yang ada dalam tubuh manusia dewasa. Sehingga, anak rentan sekali mengalami penyakit tertentu yang menyerang imun mereka seperti halnya demam dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Begitu pula dengan kanker darah yang juga dapat menyerang anak kecil.

Adapun gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kanker darah atau leukemia pada anak adalah sebagai berikut, seperti yang dilansir dari www.cancer.org.
Nyeri otot dan tulang
Mungkin, terdengar aneh jika anak kecil merasakan nyeri otot. Sakit yang biasa dialami oleh orang dewasa karena kecapekan jarang sekali dialami oleh anak kecil. Kecuali, jika nyeri otot ini merupakan gejala dari kanker darah yang diderita anak. Hal ini disebabkan oleh sel kanker leukemia yang tumbuh di luar tulang dan di dalam otot anak.

Pembengkakan pada perut
Hanya anak obesitas yang memiliki perut besar. Akan tetapi, gejala kanker darah pada anak juga ditunjukkan dengan perut yang membesar. Hal ini disebabkan sel kanker leukemia mungkin berkumpul di organ hati dan menyebabkan perut anak membesar. Sehingga, perut anak terlihat seperti kekenyangan.
Tidak nafsu makan
Anak merasa kehilangan nafsu makan memang biasa. Namun, jika terjadi secara tidak wajar, sebaiknya Anda perlu memeriksakan kondisi kesehatan anak Anda. Apalagi, hilangnya nafsu makan yang disertai dengan penurunan berat badan yang sangat drastis dan tidak normal.

Oleh: Rizana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading