Sukses

Beauty

9 Cara Mudah Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Tubuh kita memang memiliki sistem tersendiri untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh. Tapi terkadang kita perlu melakukan sesuatu agar tubuh bisa lebih mudah mengeluarkan racun. Bahkan dengan hanya melakukan satu hal sederhana saja, kita bisa memberikan dampak yang cukup besar untuk kesehatan tubuh kita. Dilansir dari lifehack.org,ada sedikitnya sembilan hal yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan racun. Berikut uraian lengkapnya.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Olahan atau Instan
Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar dan kurangi konsumsi makanan olahan. Dengan mengurangi konsumsi makanan olahan atau makanan instan, Anda bisa mengurangi asupan lemak, sodium, dan gula berlebih. Di samping itu, makanan segar bisa membersihkan tubuh dan membuat tubuh terasa lebih segar dan berenergi.

2. Minum Teh Hijau
Teh hijau adalah minuman yang kaya anti-oksidan yang bisa memperlancar metabolisme tubuh Anda. Selain itu, teh hijau juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara yang sangat efektif sekaligus mencegah penyakit seperti selesma. Minum secangkir teh hijau sehari bisa membantu Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Lakukan Latihan Peregangan Otot
Peregangan otot-otot tubuh, khususnya peregangan dengan pose yang ditahan dalam waktu lama seperti yoga, bisa memperlancar aliran oksigen tubuh. Dan pada akhirnya bisa membantu proses detoksifikasi. Melakukan latihan peregangan otot dalam satu sesi singkat saja bisa membuat Anda merasa rileks.

4. Berkeringat
Saat tubuh mengeluarkan keringat, sejumlah racun dari dalam tubuh juga bisa ikut dikeluarkan. Ragam olahraga berat seperti kardio yang dilakukan secara cukup memang sangat baik dan bisa membuat tubuh mengeluarkan keringat. Anda bisa coba untuk membuat jadwal olahraga secara rutin setiap minggunya.

“A fit, healthy body—that is the best fashion statement”― Jess C. Scott

5. Minum Air Putih
Air bisa mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Dengan minum cukup air putih, Anda bisa memperlancar proses detoksifikasi tubuh Anda. Saat tubuh mendapatkan cukup asupan air, kulit Anda pun bisa terlihat lebih segar.

6. Bermeditasi
Ternyata racun juga bisa mengendap di pikiran juga. Dan cara untuk merilekskan pikiran, salah satunya adalah dengan meditasi. Sebagai contoh, Anda bisa bangun pagi dan bermeditasi setidaknya 15 menit sebelum memulai aktivitas Anda. Duduk bersila, tenangkan pikiran, maka Anda akan merasakan kedamaian dalam pikiran dan racun-racun dari dalam pikiran bisa ikut terbuang.

7. Pergi ke Sauna
Saat berada di sauna, keringat bisa dengan mudah keluar dari tubuh Anda. Tapi jangan lupa untuk kembali mendapatkan asupan cairan tubuh Anda setelah keluar dari sauna. Hal ini penting untuk tetap menjaga proses metabolisme tubuh Anda berjalan dengan baik.

8. Buang Air Besar Secara Teratur
Apabila Anda mengalami masalah buang air besar yang sering tidak teratur, bisa jadi ada banyak racun yang mengendap di dalam tubuh Anda. Usahakan untuk bisa buang air besar setiap hari, demi kelancaran sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh Anda.

9. Jangan Merokok atau Minum Minuman Beralkohol
Merokok dan minum minuman beralkohol hanya membuat tubuh dipenuhi banyak racun. Belum lagi dampak berbahaya dari merokok yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan serta dampak minum minuman beralkohol yang dapat merusak hati.

“Eat healthily, sleep well, breathe deeply, move harmoniously.” ― Jean-Pierre Barral

Satu lagi hal mudah yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh: melakukan latihan pernapasan dalam. Saat beraktivitas, luangkan sejumlah waktu untuk bernapas dengan pelan dan dalam. Tujuannya adalah agar tubuh Anda bisa mendapatkan asupan oksigen yang dibutuhkan. Bernapas yang dalam juga bisa membersihkan tubuh dan jiwa.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading