Sukses

Beauty

4 Jenis Makanan Pereda Depresi yang Nggak Bikin Gemuk

Ketika kita merasa stres, depresi, atau tertekan, biasanya kita langsung ingin ngemil macam-macam seperti keripik kentang hingga es krim. Rasa cemas dan tak nyaman yang melanda bisa menjadi penyebab hilangnya kontrol diri dalam mengonsumsi makanan. Ketika kontrol diri itu hilang, dampaknya bisa cukup berbahaya khususnya bagi kesehatan tubuh.

Keri Gans, M. S., R.D., penulis The Small Change Diet (seperti yang dilansir oleh womenshealthmag.com) memiliki empat rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres. Selain bisa meredakan depresi, empat jenis makanan ini tak akan membuat Anda gemuk asalkan dikonsumsi secukupnya.

    Buah Alpukat

    Buah alpukat kaya akan vitamin B (yang terbukti bisa meredakan stres) dan juga mengandung lemak tak jenuh tunggal serta serat yang bisa membuat Anda merasa cepat kenyang. Anda bisa mengonsumsi separuh buah alpukat dengan tambahan air perasan jeruk lemon lalu langsung memakannya dengan menggunakan sendok. Karena buah alpukat ini lembut, buah ini bisa jadi alternatif yang tepat untuk es krim.

    Susu Cokelat

    Ingin yang manis-manis? Pilih saja susu cokelat. Gans menyebutkan bahwa susu cokelat kaya akan kalium yang bisa meredakan otot-otot kaku jika Anda memiliki masalah dengan tekanan di anggota tubuh. Hanya saja sebaiknya pilih susu cokelat yang rendah lemak.

    Havermut (Oatmeal)

    Makanan kaya serat ini bisa membuat Anda cepat kenyang dan bisa langsung meredakan stres Anda. Menurut Gans, havermut bisa membantu produksi serotonin yang merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman. Untuk tambahan serat dan protein, Anda bisa menambahkan mentega almond dan susu tanpa lemak.

    Buah Frambos (Raspberries)

    Untuk memenuhi kebutuhan gula, Anda bisa memilih buah rendah lemak. Buah frambos (raspberries) mengandung anti oksidan yang bisa mengatasi stres sekaligus mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Apabila Anda ingin menjadikan buah ini sebagai pengganti menu sarapan atau camilan, Anda bisa menambahkan yogurt tanpa lemak atau Greek yogurt rendah lemak.

Saat depresi, memang akan sedikit sulit untuk mengontrol diri mengonsumsi makanan tertentu. Tapi dengan berusaha untuk lebih bijak lagi memilih makanan, Anda bisa lebih cepat meredakan depresi dan rasa tertekan Anda.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading