Sukses

Beauty

Benarkah Bra Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Payudara?

Selama bertahun-tahun, meningkatnya jumlah penderita kanker payudara banyak dihubungkan dengan berbagai keadaan yang mungkin menjadi penyebab terjadinya kanker yang lebih banyak diderita wanita ini. Obat penunda kehamilan, antiperspirant, ukuran dada, hingga bra seringkali dikaitkan dengan penyakit mematikan tersebut.[quote]

Namun, benarkah bra yang biasa dipakai hampir semua wanita di dunia ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker payudara?

Beruntung, jawabannya adalah TIDAK. Dilansir Womenshealthmag.com, penelitian terbaru menyebutkan tidak ada hubungan antara pemakaian bra dengan kejadian kanker payudara pada wanita. Penelitian ini melibatkan 1044 wanita pasca menopause yang terdiagnosa kanker payudara dan dibandingkan dengan 469 wanita pasca menopause yang tidak memiliki kanker payudara. Mereka ditanyai mengenai kebiasaan menggunakan bra dan juga riwayat kanker pada keluarga mereka.

Hasilnya, disimpulkan menggunakan bra tidak beresiko menimbulkan kanker payudara dan tidak ada pengaruh antara lamanya menggunakan bra dengan kejadian kanker payudara, meskipun bra tersebut menggunakan kawat.

Bra sebelumnya pernah dianggap menjadi salah satu penyebab kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh sebuah penelitian di tahun 1991 yang menemukan sedikit hubungan antara penggunaan bra dengan tingkat kejadian kanker. Namun, penelitian terbaru telah membantahnya, sehingga rumor tersebut tak perlu menyebar lagi.

So, Ladies tak perlu khawatir menggunakan bra, namun beri waktu 'istirahat' dari bra di malam hari agar tetap sehat dan nyaman.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading