Sukses

Parenting

Tips Perawatan Operasi Caesar: Perbanyak Vitamin C dan Protein

Bunda, memang terkadang rasa sakit yang diderita karena luka jahitan operasi sangat mengganggu. Untuk bisa mengatasinya, coba baca tips ini terkait perawatan operasi caesar dan pemulihannya.

Menggendong bayi, memasak, menyusui, membersihkan rumah, akan menjadi sangat berat ketika luka jahitan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa.

Gerakan yang terlalu cepat dan goncangan yang keras bisa menjadi salah satu penyebabnya. Umumnya rasa nyeri ini akan berkurang setelah dua minggu pasca operasi, tapi terkadang juga bisa berjalan lambat.

Makanya, seperti dilansir dari laman bodyandsoul.com.au, untuk mempercepat proses pemulihan, perbanyaklah makan makanan tinggi vitamin C dan zinc yang akan mencegah infeksi dan mendorong produksi kolagen.

Buah segar seperti kiwi, biji-bijian seperti biji labu dan biji bunga matahari juga patut menjadi camilan sehari-hari.

Pastikan pula untuk banyak konsumsi protein pasca operasi ini, seperti konsumsi kacang-kacangan, ikan, ayam, telur, yogurt, tempe dan tahu. Nutrisi yang sehat selama masa penyembuhan luka sangatlah penting Bunda.

Bukan hanya protein, vitamin dan mineral, serat pun juga harus dicukupi untuk mengurangi rasa nyeri yang datang dan menjaga system pencernaan lancar.

Bekas luka yang panjang memang membutuhkan waktu dalam proses penyembuhannya Bunda, jadi bersabarlah dan ikuti saran dokter untuk merawat luka jahitan caesar.

Jika terjadi infeksi atau bahkan pendarahan, jangan ragu untuk segera periksakan ke dokter dan tetap konsumsilah makanan sehat untuk diri Bunda dan si kecil tentunya.

Oleh : Anindya Febi

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading