Sukses

Parenting

Kontrol Rutin Cegah Infeksi Pada Bekas Jahitan Operasi Caesar

Moms, salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan pasca operasi caesar adalah kontrol dokter. Seperti diingatkan dr. M. Nurhadi melalui laman sangbuahhati.com, para ibu yang baru melahirkan secara caesar agar tidak menyepelekan waktu kontrol jahitan operasi caesar yang umumnya dilakukan sepekan setelah pulang dari rumah sakit.

Bekas operasi caesar normalnya akan mengering setelah dua minggu. Jika selama dua minggu tidak ada keluhan, maka bisa diartikan cukup aman untuk melakukan aktivitas ringan.

Yang perlu diingat, Moms sama sekali tidak disarankan beraktivitas berat untuk menjaga agar tidak terjadi robekan pada jahitan operasi caesar. Aktivitas fisik lumayan berat baru bisa dilakukan jika sudah melampaui waktu enam minggu.

Ditambahkan melalui laman healthpages.org, luka operasi caesar yang mengering dengan baik tidak akan memperlihatkan beberapa tanda sebagai berikut:

  • Redness atau rona kemerahan
  • Edema atau pembengkakan
  • Discharge atau keluarnya cairan luka, dan
  • Aproksimasi atau luka yang menempel saat dijahit.

Empat tanda di atas bisa dijadikan patokan bagi para ibu untuk mengetahui apakah jahitan bekas operasi caesar mereka mengalami infeksi atau tidak.

Sementara itu, laman welcomebabyhome.com menjelaskan bahwa satu hingga dua pekan pertama pasca operasi merupakan waktu yang sangat menentukan proses penyembuhan selanjutnya. Jika terlihat satu saja dari empat tanda yang sudah disebutkan di atas, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter ya Moms.

Apalagi jika tanda-tanda tersebut disertai demam, pusing dan gejala lain yang tidak nyaman, terlepas dari saat itu adalah waktunya check rutin atau tidak.


Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading