Sukses

Parenting

Batuk Sesak Nafas Pada Anak, Asmakah?

Bunda, apakah gangguan batuk sesak nafas yang diderita anak Anda merupakan pertanda asma? Jawabannya bisa ya bisa tidak, tergantung dari penyebab batuk itu sendiri.

Batuk sesak nafas atau croup memang salah satu penyakit yang umum dijumpai pada anak umur enam bulan hingga tiga tahun atau sedikit di atasnya, namun sebagian besar penyebab gangguan pernafasan ini adalah infeksi virus yang membuat saluran pernafasan menciut, khususnya di bagian larinx atau tenggorokan.

Menurut healthcentral.com, gangguan pernafasan ini bisa disebabkan oleh virus influenza, parainfluenza, atau virus pernafasan syncytial. Karena disebabkan oleh virus, maka batuk yang disertai dengan sesak nafas ini bisa menular lho, Bunda.

Artinya, apabila salah satu teman bermain anak Anda menderita batuk sesak nafas, maka sangat mungkin anak Anda untuk mengalami hal yang sama.

Hal ini sangat berbeda dengan batuk sesak nafas yang disebabkan oleh asma, dimana penyakit tersebut tidak ditularkan, melainkan cenderung diturunkan. Ya, anak yang mempunyai sejarah keluarga pengidap asma atau alergi lebih rentan pada gangguan ini ketimbang anak dengan riwayat kesehatan keluarga yang normal.

Pada batuk sesak nafas yang disebabkan oleh asma, batuk yang timbul malah cenderung kering dan tidak berdahak, kecuali jika asma tersebut dipicu oleh alergi tertentu yang menyebabkan timbulnya mucus atau lendir di area paru-paru.

Jadi, perhatikan kesehatan lingkungan sekitar serta riwayat kesehatan keluarga Anda dan suami ya, Bunda. Karena, kedua faktor tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan anak. Semoga bermanfaat.

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading