Sukses

Beauty

Kandungan Zat Besi Pada Telur Puyuh

Mengkonsumsi telur bagi para penderita anemia nampaknya adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Telur puyuh ini mengandung banyak zat besi lho, Ladies.

Zat besi adalah elemen penting yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin. Dilansir dari laman kamuskesehatan.com, hemoglobin merupakan komponen sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi merupakan bagian dari mioglobin. Fungsinya adalah membantu menyimpan oksigen di otot. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka adenosin trifosfat (ATP) tidak dapat disintesis dengan benar. Dampak akhir yang dirasakan adalah mudah lelah sekalipun tidak menderita anemia. Kelebihan zat besi juga bukanlah hal yang baik. Zat besi yang berlebihan malah dapat menjadi racun bagi hati lho.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Mengkonsumsi telur puyuh baik untuk menyuplai zat besi bagi tubuh. Asal tidak berlebihan, maka dampak burukdapat dihindari. Bagi para Ladies yang umumnya sering mengalami anemia, disarankan untuk mengkonsumsi telur mungil ini.

Dilansir dari laman quailkefirfarm.wordpress.com, setidaknya telur puyuh mengandung lima kali lebih besar zat besi dari pada telur ayam. Zat besi ini sendiri bermanfaat dalam mengikat protein dan membawa oksigen dalam darah. Letak dari zat besi ialah di saluran pencernaan. Umumnya wanita pramenopause dan anak-anak yang paling rentan terhadap defisiensi besi, maka penting untuk mengkonsumsi asupan zat besi yang cukup bagi tubuh.

Oleh : Mufarrohah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading