Sukses

Beauty

Racun Lysozyne Dalam Telur Bebek Sebabkan Alergi

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang dapat dimakan saat mentah. Malah dalam keadaan mentah makanan tersebut lebih bergizi daripada setelah dimasak. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan telur bebek yang bahkan sangat membahayakan bagi tubuh bila dikonsumsi mentah. Dilansir dari laman anneahira.com telur dalam keadaan mentah ini mengandung banyak protein yang tidak baik seperti avidin, ovomunocoid, melamin dan lysozyne. Avidin menyebabkan keracunan, ovomunocoid menyebabkan kebotakan, melamin menyebabkan penyakit ginjal, sedangkan racun lysozyne dalam telur bebek sebabkan alergi.

Dilansir dari laman books.google.co.id lysozine yang disebut-sebut sebagai penyebab alergi ini bila masuk dalam tubuh manusia akan langsung terserap dalam darah dan berfungsi sebagai zat antigen atau zat anti gizi yang merusak gizi dalam tubuh manusia.

Namun semua itu tergantung pada tubuh manusia yang memakannya saja, ada beberapa orang yang tahan dengan racun ini adapula yang tidak tahan dengan racun ini. Yang tahan tidak akan mengalami gejala-gejala alergi, sedangkan yang tidak tahan gejala alergi pun tak bisa dihindari.

Untuk itu sebagai jaga-jaga sebaiknya masak telur bebek terlebih dahulu sebelum dikonsumsi (bisa digoreng, direbus atau dikukus) karena telur bebek apalagi putihnya baik mentah maupun yang setengah matang mengandung racun lysozyne. Jadi lebih baik Anda berjaga-jaga sebelum terlanjur, karena Anda tidak tahu tubuh Anda termasuk yang tahan maupun yang tidak.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading