Sukses

Beauty

Pengaruh Racun Gossypol Pada Telur Bebek

Racun gossypol adalah racun yang dihasilkan dari bungkil biji kapuk/kapas (cottonseed meal). Racun ini sebenarnya terbagi menjadi 3 bentuk yaitu bentuk bebas, bentuk ikatan tak toksik dan bentuk beracun. Dalam bentuk beracun, gossypol memerlukan proses terlebih dahulu yaitu dengan mengumpul pada jaringan tubuh yang diserang (bebek). Akibatnya kerja enzim pencernaan bebek pun terhambat, cairan rongga tubuh bebek menimbun, hati rusak dan jaringan tubuh bebek membengkak atau mengalami pendarahan. Tentu saja hal ini menimbulkan pengaruh racun gossypol pada telur bebek.

Dilansir dari laman esbefarm.blogspot.com telur bebek yang dihasilkan dari bebek yang mengalami keracunan dari racun gossypol akan berbeda dengan telur bebek yang dihasilkan bebek pada umumnya. Racun gossypol menyebabkan telur khususnya pada bagian kuningnya timbul bintik-bintik berwarna hijau.

Untuk itu seperti dilansir dari laman udeputriendang.blogspot.com cara menggunakan bungkil biji kapuk untuk pakan bebek sebaiknya dimasak terlebih dahulu (bisa digoreng, direbus atau dikukus). Dengan begitu sifat racun bersifat bius yang terdapat pada bungkul biji kapuk pun akan lenyap dan hilang.

Selain cara alami dengan memperhatikan pengolahan tersebut cara dari bahan kimia pun bisa Anda lakukan. Caranya adalah dengan menambah garam besi atau ferric sulphat dan protein yang tinggi pada bahan pakan bebek, dengan begitu pengaruh merugikan dari racun gossypol pun akan dapat dicegah.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading