Sukses

Beauty

Cara Menghentikan Keinginan Makan Saat Sudah Kenyang

Ladies, Anda mungkin memiliki kesulitan untuk terus makan padahal Anda sudah menghabiskan sepiring nasi dan lauk. Anda mungkin menginginkan makanan manis setelah makan makanan asin atau sebaliknya dan begitu seterusnya hingga Anda merasa benar-benar kenyang.

Hal ini sebaiknya tidak dilakukan terus-menerus Ladies, dan Anda pasti tahu mengapa. Selain berat badan akan naik, Anda juga menambah risiko kolesterol tinggi dan lain sebagainya. Nah, bagaimana caranya menghentikan keinginan terus makan saat Anda sudah cukup makan?

Berdasarkan www.womenshealthmag.com, ada beberapa saran yang bisa Anda terapkan ketika Anda ingin makan lebih banyak, antara lain adalah

1. Kesadaran
Anda perlu menyadari apakah keinginan makan tersebut benar karena Anda belum makan atau malah hanya keinginan sesaat karena Anda bosan, stress dan tidak sedang melakukan apa-apa sehingga punya keinginan untuk ngemil. Seringkali perasaan lapar yang Anda kira adalah keinginan untuk minum.

Umumnya, Anda tidak harus makan lagi setelah 2-3 jam setelah makan dan jika Anda tergoda makan sesuatu, maka itu bukanlah perasaan lapar yang sebenarnya. Jika tetap menginginkan sesuatu untuk dimakan, atasi dengan minum air saja agar tidak berlebihan saat makan.

2. Kenali isyarat lapar
Anda bisa memeriksa apakah benar Anda lapar atau hanya keinginan sementara untuk ngemil dengan cara menekan bagian atas perut, tepat di bawah tulang dada untuk memeriksa gejala kelaparan.

Umumnya jika Anda benar kelaparan, Anda akan merasakan perut kosong, sakit dan mudah di tekan pada bagian itu. Namun jika hanya kelaparan tipuan, Anda merasa bagian tersebut susah ditekan dan penuh.

3. Mengecek perasaan, pikiran dan mental
Jika Anda sedang butuh makan, Anda pasti akan merasa produktivitas turun, hilang konsentrasi karena gangguan rasa sakit di perut. Selain itu, Anda juga akan merasa lelah, cemas atau malah tidak ingin melakukan apa-apa.

Namun jika Anda hanya ingin makan, perasaan itu sebenarnya tidak ada. Anda hanya tergoda karena mencium baunya yang sedap atau membayangkan betapa enaknya makanan tersebut dan timbullah keinginan untuk makan.

Jadi, cermati beberapa poin tersebut dan ketahui apakah Anda memang benar butuh makanan atau hanya ingin makan. Jika hanya ingin makan, sediakan air minum yang cukup di samping Anda dan rilekslah agar tidak ingin makan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading